Ikuti Persiapan Pernikahan dalam Waktu 3 Bulan, Tenang Bisa Diatur

0
2976
persiapan pernikahan dalam waktu 3 bulan
https://www.pexels.com/id-id/

Mempersiapkan pernikahan memang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan, hal itu bisa terjadi karena setiap orang ingin pernikahannya yang sekali seumur hidup itu bisa terlihat sempurna. Namun ada orang yang mempersiapkan sebuah pernikahan hanya tiga bulan saja. Tentu saja menyiapkan pernikahan hanya dalam waktu tiga bulan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan setiap orang. Namun jika kamu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, maka dalam waktu tiga bulan bukanlah hal yang mustahil. Lantas apa saja keperluan-keperluan yang harus disiapkan? Berikut ini daftar persiapan pernikahan dalam waktu 3 bulan, yang wajib kamu ketahui.

Ikuti Persiapan Pernikahan dalam Waktu 3 Bulan, Tenang Bisa Diatur

  • Bulan Pertama

1. Tentukan Budget atau biaya pernikahan

Persiapan yang paling dasar yakni mengenai berapa budget yang kamu siapkan untuk melaksanakan lamaran dan pernikahanmu besok. Selain menentukan budget, sepakati juga pembagian prosentase yang akan dikeluarkan kamu dan calon pasanganmu.

2. Lamaran

Yang belum lamaran, bisa gunakan bulan pertama ini untuk lamaran dan untuk mempertemukan dua keluarga. Bila sudah, maka tinggal mencari modal untuk menikah di 3 bulan yang akan datang.

3. Konsep Pernikahan & Tanggal Pastinya

Karena disini melibatkan keluarga, maka kamu dan calon pasanganmu harus bisa pandai-pandai mengambil sikap terhadap banyaknya saran dan masukan mengenai konsep dan tanggal pernikahan. Di pertemuan ini juga sepakati apakah akan menggunakan adat dalam pernikahanmu atau tidak.

4. Tentukan Lokasi Pernikahan

Setelah konsep dibahas, maka yang perlu disiapkan selanjutnya adalah lokasi pernikahan. Lokasi pernikahan sesuaikan dengan konsep pernikahanmu. Apakah mau dengan konsep indoor atau outdoor.

5. Dekorasi Pernikahan

Cari dekorasi yang sesuai dengan konsep pernikahanmu. Sebaiknya hindari dekorasi dengan warna-warna mencolok. Karena akan menjadi kurang bagus bila di foto nanti. Maka cobalah mencari dekorasi dengan warna-warna pastel agar terlihat lebih soft.

6. Rias Pengantin

Sebisa mungkin untuk jasa MUA kamu sendiri yang cari ya dear. Karena kamu akan menjadi seorang ratu dan raja dalam sehari, maka sebisa mungkin cari jasa mua yang terbaik. Sesuaikan saja dengan budget dan keinginan mempelai wanita.

7. Booking WO bila diperlukan

Bila kamu menyewa Wedding Organizer, maka persiapan di atas akan lebih simpel. Karena kamu hanya mengkonsultasikan dream wedding-mu dengan budget yang ada ke WO, nanti WO yang akan mencarikan vendor-vendor terbaik dan yang kosong di tanggal pernikahanmu. Namun kamu juga kamu perlu menyiapkan budget untuk menyewa WO tersebut.

 

persiapan pernikahan dalam waktu 3 bulan
https://www.pexels.com/id-id/
  • Bulan Kedua

1. Daftar Nikah di KUA

Daftar KUA tidak bisa mendadak banget ya guys. Karena kamu perlu menyiapkan berbagai persyaratan untuk mendaftarkan nikah di KUA. Terlebih bila kamu akan menikah di kota selain kotamu dan calonmu. Maka kamu perlu mengurus surat numpang nikah. Daftar nikah ini juga penting untuk bisa memberikan kepastian pada semua vendor yang sudah di lobi sebelumnya.

2. Fitting dan booking Baju Nikah

Tidak mudah fitting baju untuk mencari ukuran baju pengantin yang pas. Terlebih bila pengantinnya memiliki ukuran badan yang spesial. Sehingga tak jarang mereka memilih untuk menjahit baju nikahnya sesuai dengan ukuran badanya. Nggak hanya baju pengantin, fitting baju disini juga dengan para orang tua dan calon mertua.

3. Pesan Seserahan dan Mahar

Pembuatan mahar biasanya yang membuat lama adalah karena harus mengantri. Maka di bulan kedua ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari mahar dan seserahan. Bila kamu ingin menghemat, maka seserahan bisa loh dibuat sendiri. Namun bila ada budget, maka kamu bisa menyewa box dan jasa rangkai mahar dan seserahan.

4. Daftar Tamu dan Undangan

Perlu di breakdown siapa saja yang akan kamu dan pasanganmu undang di acara pernikahanmu besok. Lalu mau dengan undangan yang seperti apa. Apakah digital? Undangan cetak? Atau keduanya.

5. Booking Catering

Booking catering sebenarnya tergantung dari konsep pernikahanmu di awal. Apakah memang akan menggunakan jasa catering, atau membuat makanan sendiri dan menyewa jasa masaknya.

6. Pesan Souvenir

Sepakati bersama mau souvenir yang seperti apa di hari pernikahan kalian berdua. Apakah mau yang bernilai aesthetic? Bermanfaat? Atau yang murah meriah. Lagi-lagi sesuaikan budget yang sudah dianggarkan untuk souvenir.

7. Booking Jasa Fotografer

Fotografer sangat berperan penting untuk mengabadikan momen bahagiamu esok. Maka pilihlah fotografer yang sudah berpengalaman dalam dunia perweddingan.

 

persiapan pernikahan dalam waktu 3 bulan
https://www.pexels.com/id-id/

Bulan Ketiga

1. Pertemuan Dua Keluarga untuk Fiksasi

Bila kamu ingin acara pernikahanmu semakin sakral, maka kamu bisa membuat sebuah acara formal yang dipandu oleh seorang MC. Sehingga perlu membentuk sebuah tim kecil untuk membantu mensukseskan hari bahagiamu.

2. Cek List Kembali Semua Persiapan dan Jangan Lupa Follow Up Para Vendor

Hal ini agar tidak ada yang terlewat. Dan harus siap juga dengan hal-hal diluar kendali. Bagaimana mengantisipasinya dan siapkan alternatif lain.

3. Jaga Pola Makan dan Manjakan Diri

Persiapan terakhir yakni perawatan diri. Yakni dengan menjaga pola makan, tidak begadang, dan lebih fokus untuk melakukan perawatan diri agar di hari H mu nanti, benar-benar bisa menjadi ratu dan raja yang manglingi.

Semoga bermanfaat.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia