21.3 C
Indonesia
Senin, Mei 10, 2021

Tips Kuliah Setelah Menikah, Bisa!

- Advertisement -

Menikah jelas bukan menjadi penghalang pasangan untuk tetap melanjutkan pendidikan.  Kuliah setelah menikah sangat bisa dilakukan. Kuncinya, pasangan harus saling mendukung!

Menikah memang memunculkan kewajiban baru seperti mengurus rumah tangga atau bekerja demi perekonomian keluarga. Namun, mengembangkan potensi diri hingga mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, jangan berhenti di tengah jalan!

kuliah setelah menikah
kuliah setelah menikah  https://unsplash.com/

Pastinya akan ada solusi bagaimana kuliah dan kehidupan rumah tangga berjalan beriringan. Meraih pendidikan setinggi-tingginya impian banyak orang. Status menikah pun tak menjadi halangan dan mencari ilmu dan meraih masa depan yang cermelang.

Menjalani kuliah setelah menikah harus cerdas dan kreatif dalam membagi waktu. Tidak mudah tentunya! Namun pasti ada jalan keluarnya dan dimudahkan.

Berikut Tips Kuliah Setelah Menikah!

1. Mencari Beasiswa

Biaya untuk melanjutkan kuliah tidaklah murah. Mengingat ketika sudah menikah, banyak prioritas keuangan yang lebih penting untuk ditunaikan. Tentu kerap kali menjadi penghalang terbesar untuk mereka yang sudah menikah dan ingin kuliah.

Mengikuti program beasiswa tentu akan menjadi solusi. Biaya kuliah akan ditanggung pemerintah. Sehingga, kondisi finansial keluarga tidak terganggu, tetap stabil. Bahkan dibeberapa progam beasiswa, sekalian biaya hidup.

2. Berbagi Peran

Mengatur kuliah dan rumah tangga agar tetap berjalan, tentu tidak lepas dari saling berbagi peran. Membuang ego sangat diperlukan, karna kunci berhasilnya kuliah setelah menikah ya saling support.

Ketika pasangan sedang sibuk atau kesulitan dalam kuliahnya, pasangan lain meluangkan waktunya untuk menjaga, menemani anak-anaknya terlebih dahulu. Atau saling bantu dalam pekerjaan domestik.

3. Atur Waktu

Kebutuhan pasangan dan anak-anak tidak boleh dikesampingkan. Mengatur waktu harus dilakukan agar tidak ada kewajiban yang ditinggalkan. Harus cerdas, cekatan dalam membagi waktu.

4. Dukungan Keluarga

Wujud dukungan apapun dari keluarga, orangtua, bahkan mertua akan sangat berpengaruh besar dalam menjalankan masa study. Dukungan ini bearti kasih sayang dan perhatian. Misal mertua mau jika dititipi anak sementara.

Misal pun tinggal jauh, bahkan di luar negeri bersama pasangan, rutin bertanya kabar juga sudah sangat membahagiakan. Meski jauh, terasa dekat di hati ya! Dukungan akan mengurangi stress.

- Advertisement -spot_imgspot_img

Latest news

Related news

- Advertisement -