11 Tips Ampuh Agar Momen Pernikahanmu Berkesan

0
212
Ingin merasakan momen pernikahan impian yang romantis dan penuh kesan? Ini dia kami berikan tips agar momen pernikahanmu berkesan!
freepik.com

Ketika akan melaksanakan pernikahan, kamu dan pasanganmu sebagai calon pengantin pasti menginginkan momen pernikahanmu berkesan. Karena itu, kamu dan pasanganmu akan mempersiapkan dan merencanakan pernikahanmu sebaik mungkin demi kelancaran pernikahan. Bahkan mungkin tak segan-segan mengeluarkan banyak biaya asal pernikahanmu sempurna.

Namun, sebelum mulai mempersiapkan pernikahanmu, ada baiknya ketahui terlebih dahulu tips dan langkah-langkahnya. Kami akan memberimu beberapa tips agar momen pernikahanmu berkesan.

Tips Agar Momen Pernikahanmu Berkesan

1. Tentukan Tanggal Pernikahan

freepik.com

Menentukan tanggal pernikahan termasuk hal yang paling penting. Karena tanggal yang telah ditentukan, nantinya menjadi patokan saat memesan produk barang ataupun jasa yang akan membantu kelancaran proses pernikahan. Misalnya untuk memesan jasa wedding planner ataupun wedding organizer, menyewa gedung pernikahan, memesan catering, memesan jasa rias pengantin, dan masih banyak lagi. Karena itu, pastikan tanggal pernikahanmu tidak akan lagi mengalami perubahan.

Apabila tanggal pernikahanmu sudah pasti tidak ada perubahan, maka akan lebih mudah bagimu untuk menyiapkan hal-hal lain dan dapat mengurangi potensi stress saat menyiapkan pernikahan. Sehingga saat hari-H pernikahan, kamu bisa menikmati setiap momen dalam pernikahanmu dengan tenang.

2. Siapkan Dana Pernikahan

freepik.com

Sebelum menuju ke langkah-langkah selanjutnya, pastikan kamu terlebih dahulu menyiapkan dana untuk melangsungkan pernikahanmu. Tentukan pula sumber dana yang akan kamu gunakan. Apakah sumber itu dari tabungan pribadimu dengan pasangan, atau dari orang tua.Dana yang kamu miliki akan menjadi tolak ukur biaya ketika akan menyewa atau membeli keperluan pernikahan.

Buat rincian anggaran pernikahan dengan cara membagi persentase dana yang kamu miliki. Usahakan biaya yang akan kamu gunakan untuk sewa tempat dan catering tidak melebihi 50 persen dari dana yang kamu punya.

Jangan lupa anggarkan biaya transportasi, administrasi, dan hal-hal penting lainnya yang mungkin bisa terlupa. Anggarkan pula dana darurat agar kamu tidak terlalu khawatir jika ada pengeluaran yang tak terduga saat merencanakan ataupun saat sedang melangsungkan pernikahan.

Tidak kekurangan dana untuk melangsungkan pernikahan merupakan salah satu hal yang bisa membuat kamu tenang menikmati momen pernikahanmu. Sehingga setiap kesannya pun dapat kamu rasakan. Karena momen pernikahanmu bisa maksimal, kamu bisa melangsungkan pernikahan impianmu, tamu pun merasa nyaman dan ikut menikmati momen. Yang terpenting kamu tidak perlu khawatir tidak sanggup membayar biaya pernikahanmu karena anggaran dananya sudah kamu perhitungkan sejak awal.

3. Tentukan Konsep Pernikahan

freepik.com

Setelah menganalisis dan menyiapkan biaya pernikahanmu, selanjutnya kamu perlu mendiskusikan tentang konsep pernikahan bersama keluarga dan pasanganmu. Konsep pernikahan yang kamu tentukan akan menjadi petunjuk seberapa banyak perkiraan biaya yang kamu perlukan untuk melangsungkan pernikahan. Namun jika kamu masih bingung konsep pernikahan seperti apa yang ingin kamu gunakan, kamu bisa klik di sini untuk menemukan inspirasi.

Perlu diketahui bahwa yang terpenting bukanlah seberapa mewah konsep pernikahanmu, melainkan apakah konsep pernikahanmu nantinya akan memberimu dan memberi orang lain kenyamanan atau tidak. Karena dengan adanya rasa nyaman akan membuat pernikahanmu memiliki kesan. Dan pastikan juga konsep pernikahanmu sesuai dengan biaya yang kamu persiapkan.

4. Rencanakan Pernikahan Sendiri atau Gunakan Jasa Wedding Planner?

freepik.com

Hal ini juga perlu didiskusikan bersama keluarga dan pasanganmu. Ingin memakai jasa wedding planner untuk merencanakan seluruh perjalanan menuju pernikahanmu, atau tanpa jasa wedding planner?

Jika kamu merasa terlalu sibuk untuk merencanakan pernikahanmu dan khawatir perencanaan pernikahan akan membuatmu stress, ada baiknya kamu menggunakan jasa wedding planner. Wedding planner tentunya akan lebih memudahkanmu karena segala hal sudah direncanakan dan diorganisir oleh wedding planner. Mulai dari kapan perlu melakukan pertemuan keluarga, pertemuan dengan vendor, bahkan kapan calon pengantin perlu melakukan perawatan sebelum hari pernikahan.

Wedding planner juga akan memperkirakan seberapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk mewujudkan konsep pernikahan impianmu dan memberi saran agar visi dan biaya itu berjalan selaras.

Namun jika kamu memiliki banyak waktu luang dan sanggup untuk merencanakan pernikahanmu, jasa wedding planner bisa kamu lewati. Dengan tidak menggunakan jasa wedding planner, tentunya akan memperkecil biaya pernikahanmu.

5. Tentukan Tempat Pernikahan

freepik.com

Tentukan tempat pernikahan jauh-jauh hari sebelum hari-H pernikahan. Bisa mencari tempat melalui internet atau melihat tempat secara langsung. Pilih beberapa tempat sebagai pilihan cadangan, kemudian lakukan survey di tempat yang kamu pilih.

Tujuannya agar kamu mengetahui apakah tempat tersebut sesuai dengan konsep pernikahanmu dan juga anggaran danamu atau tidak. Jika sudah sesuai, kemudian tanyakan kepada pihak tempat tersebut apakah sudah ada orang lain yang akan menyewanya di hari yang sama dengan hari pernikahanmu atau tidak. Jika tidak, maka kamu bisa menyewa tempat itu untuk melangsungkan pernikahanmu.

Pastikan tempat yang kamu pilih nyaman dan sesuai dengan keinginanmu agar kamu tidak kecewa saat hari pernikahanmu tiba.

6. Baju Pengantin

freepik.com

Putuskan apakah kamu akan membeli atau menyewa baju pengantinmu. Jika kamu ingin menjahit atau membeli sendiri baju pengantinmu, pastikan kamu melakukannya jauh-jauh hari agar waktunya tidak terlalu mepet jika bajumu membutuhkan perbaikan atau perombakan.

Begitu pula jika menyewa, pastikan kamu sudah berkomunikasi terlebih dahulu dengan penyewa baju pengantin yang kamu inginkan. Hal itu perlu dilakukan agar baju yang kamu inginkan tidak disewa orang lain pada tanggal yang sama. Untuk biaya yang dihabiskan untuk menyewa baju pengantin akan lebih murah daripada membelinya.

Sebaiknya pilihlah model baju atau gaun yang benar-benar nyaman karena kamu akan mengenakannya dalam waktu yang lama. Jangan sampai kesalahan dalam memilih model baju memberikan kesan buruk pada momen pernikahanmu.

7. Sewa Rias Pengantin dan Persiapan Fisik Sebelum Pernikahan

freepik.com

Rias pengantin juga perlu diperhatikan. Tampilanmu pada hari pernikahan akan bergantung pada bagaimana riasanmu. Pastikan kamu memilih perias pengantin yang memang kamu yakin akan membuatmu puas. Carilah testimoni perias pilihanmu dari berbagai sumber agar kamu dapat mempertimbangkan jasa perias mana yang akan kamu pilih untuk meriasmu di hari pernikahan. Seperti halnya menyewa tempat pernikahan, memesan jasa perias juga perlu dilakukan jauh-jauh hari agar jasa perias pilihanmu tidak dipesan orang lain pada hari dan tanggal yang sama.

Dan selama mempersiapkan pernikahan, wajah dan tubuhmu juga perlu dipersiapkan. Siapkan wajah dan tubuhmu dengan cara melakukan perawatan rutin. Gunakan skincare dan bodycare yang sudah pasti cocok untuk kulitmu untuk menghindari permasalahan kulit. Jika kulit wajahmu tidak bermasalah saat hari pernikahanmu tiba, wajahmu akan lebih mudah untuk dirias.

Jagalah kesehatan tubuhmu karena proses pelaksanaan pernikahan akan berlangsung berjam-jam. Kamu butuh kondisi tubuh yang baik dan sehat. Jika badanmu terrawat dan tetap istirahat dengan cukup, kamu dapat menjalani hari pernikahanmu dengan segar.

8. Catering

freepik.com

Dalam perayaan pernikahan, sudah pasti disajikan banyak jamuan. Cita rasa jamuan yang disajikan akan memberikan kesan tersendiri bagi tamu undangan. Karena itu, pastikan kamu memilih penyedia jasa catering yang dapat menyajikan sajian terbaiknya.

Lakukan tes rasa makanannya terlebih dahulu. Agar kamu tahu bagaimana rasa-rasa makanan yang akan tersaji di meja prasmanan pernikahanmu nanti. Dan ingatlah kembali tentang anggaran danamu. Usahanakan biaya catering dan tempat pernikahanmu tidak lebih dari 50 persen.

9. Souvenir

freepik.com

Untuk menambah kesan dalam pernikahanmu, kamu dapat memberikan kesan tambahan melalui souvenir. Pilihlah souvenir yang berkesan dan memiliki makna. Tak harus souvenir dengan harga mahal karena banyak souvenir dengan harga terjangkau namun unik dan berkesan.

10. Hiburan

freepik.com

Hiburan menjadi salah satu hal yang berpengaruh besar dalam memberi kesan pada pernikahanmu. Karena itu, tentukan hiburan terbaik untuk mempermanis pernikahanmu. Kamu bisa mengundang wedding singer, band, kesenian tradisional, ataupun hiburan lainnya yang kamu sukai.

Putar juga lagu-lagu pernikahan yang romantis untuk mengiringi momen pernikahanmu. Lagu yang kamu putar saat pernikahan dapat membuat orang dalam pernikahanmu ikut terbawa suasana. Jadi jangan sampai salah dalam memilih lagu untuk hari terbaikmu.

11. Sewa Jasa Photographer / Videographer

freepik.com

Momen pernikahanmu merupakan momen sakral dan berkesan yang tidak terulang. Karena itu, tiap detil dalam momen pernikahanmu patut diabadikan. Mempercaya photographer atau videographer untuk mengabadikan momen pernikahanmu merupakan pilihan yang tepat. Hasil potret dan rekaman video tiap momen dalam pernikahanmu yang berkesan dapat dikenang sepanjang waktu.

Rate this post