Simak! Berikut Perbedaan Walimah dengan Resepsi

0
3742
perbedaan walimah dengan resepsi
https://www.pexels.com/id-id/

Berbagai acara penting ada dalam sebuah pernikahan. Karena pernikahan bukan hanya melakukan akad nikah, namun ada juga prosesi lain seperti tunangan lamaran hingga resepsi atau walimah. Resepsi atau walimah ini biasanya setelah akad nikah, yaitu acara seperti pesta pernikahan karena terdapat acara makan-makan oleh  para keluarga dan teman-teman dari kedua mempelai. Hal itu sebagai bentuk untuk menyalurkan kegembiraan ke semua orang jadi yang bahagia bukan hanya pengantinnya saja. Tapi kebanyakan orang masih belum tahu, sebenarnya resepsi dan walimah itu sama atau berbeda. Berikut penjelasan mengenai perbedaan walimah dengan resepsi.

Simak! Berikut Perbedaan Walimah dengan Resepsi

  • Walimah atau Walimatul Ursy

Walimatul Ursy adalah jamuan makan yang berkenaan dengan pernikahan. Biasanya walimatul ‘ursy itu setelah akad nikah. Kata walimah berasal dari kata al-Walamu yang dalam bahasa Indonesia bermakna “pertemuan”.

Di dalam kamus ilmu fiqih disebutkan bahwa walimah itu adalah makanan pernikahan atau semua makanan yang ditujukan untuk disantap para undangan.Kemudian kedua, kata al-‘Urs. Kata al-‘Urs terdiri dari tiga huruf arab; ‘ain, ra, sin. Karena posisinya sebagai mudhaf ilaih, maka ditambah alif lam ma’rifah atau (اَلْ). Jika ditulis dalam bahasa arab menjadi: اَلْعُرْسُ / al-‘Ursu. Kata al-‘Urs dalam kalimat walimatul ‘Urs artinya adalah az-Zifaf wa Tazwij; perkawinan dan pernikahan. Bentuk plural dari Al-‘Ursu adalah al-A’rasu / اَلْأَعْرَاسُ.

Jadi ‘Urs artinya perkawinan dan pernikahan sedangkan al-‘Ursy terdiri dari tiga kata; ‘ain, ra, dan syin. Jika di rangkai menjadi عُرْشٌ. Kata ‘Ursyun dalam kamus bahasa arab berarti sama dengan الأذُنُ / telinga. Sering kita jumpai penulisan kalimat walimatul ‘ursy pada kartu undangan, banner, atau papan pemberitahuan pernikahan seseorang. Padahal yang benar adalah Walimatul ‘Urs.

  • Resepsi

Resepsi merupakan kegiatan suatu pesta yang dihadiri oleh para undangan atau tamu undangan. Acara tersebut juga dapat dikatakan sebagai suatu hal yang menggambarkan keadaan pesta yang dihadiri oleh tamu-tamu tertentu. Di dalam pernikahan, repsepsi diartikan sebagai wadah atau tempat untuk mengumumkan bahwa di tempat tersebut sedang berlangsung atau telah terjadi pernikahan suami-istri. Resepsi di dalam pernikahan dijadikan seseorang untuk mengucapkan selamat kepada pasangan baru dan orang tuanya.

Dalam pernikahan, resepsi ataupun dalam suatu kegiatan tertentu seperti konferensi pers perlu pengaturan-pengaturan terlebih dahahu. Pengaturan-pengaturan tersebut yaitu hanya memilih dan mengundang seseorang yang kemungkinan besar berminat, adanya pemberitahuan terlebih dahulu mengenai tujuan acara, tamu undangan harus dihubungi sebelum acara dilaksanakan atau dilakukan, semua tamu harus memberikan tanda tangan sebagai tanda siapa saja yang hadir (konferensi pers), tuan rumah harus diberitahu siapa saja yang diundang, pembicara dalam presepsi harus berlatih terlebih dahulu (konferensi pers), hanya hadirkan tuan rumah yang punya tujuan dan maksud yang kuat mengenai acara (konferensi pers), adanya pembatasan tuan rumah (konferensi pers).

  • Kesimpulan

Secara penggunaan istilah resepsi dan walimah memang agak berbeda. Kata resepsi lebih sering di pakai karena lebih banyak orang yang tau dan lebih umum. Sementara walimah atau walimatul ursy banyak di pakai pada lingkungan agama islam.

Sementara dari susunan acara secara keseluruhan, resepsi dan walimah hampir sama. Nah, yang membedakan hanya budaya atau kebiasaan masyarakat sekitar, karena budaya yang beda inilah yang membuat susunan acaranya otomatis berbeda tiap daerah. Berikut contoh susunan acaranya:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci
  3. Sambutan dari perwakilan kedua mempelai atau dalam bahasa jawa pasrah panampi
  4. Tausyiah pernikahan atau nasihat pernikahan
  5. Ucapan selamat dari para tamu
  6. Tamu menikmati hidangan
  7. Berfoto bersama dengan mempelai
  8. Hiburan
  9. Penutupan

Pada intinya resepsi dan walimah memiliki tujuan yang sama yaitu berbagi kebahagiaan, berbagi rezeki dengan santapan atau hidangan yang di berikan kepada tamu dan mengharapkan doa dari tamu untuk kedua mempelai serta menumbuhkan tali silarurahmi.

Semoga bermanfaat.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia