10+ Rekomendasi Tempat Honeymoon di Dieng yang Romantis

0
4664
tempat honeymoon di dieng
@thebasicrooom

Dieng adalah destinasi terkenal di Jawa Tengah yang bisa dijadikan tempat bulan madu bersama pasangan. Dataran Tinggi Dieng berada di ketinggian 2093 mdpl sehingga terdapat banyak sekali wisata alam yang beragam. Kawasan Dieng menyajikan panorama Dieng yang indah dan menenangkan. Apabila kamu ingin honeymoon di Dieng, berikut Bridespedia berikan 10+ rekomendasi tempat honeymoon di Dieng yang romantic.

10+ Rekomendasi Tempat Honeymoon di Dieng yang Romantis

1. Telaga Dringo

 

View this post on Instagram

 

(dieng plateau) (@wisatadieng.id)

 

Telaga Dringo adalah salah satu telaga yang terletak di Desa Pekasiran, Batur Banjarnegara. Destinasi wisata ini disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Jawa Tengah. Danau hasil letusan kawah Sinila di tahun 1786 ini menawarkan keindahan telaga dan hutan yang masih alami. Untuk pasangan yang menyukai aktivitas camping, bisa mencoba menginap di Telaga Dringo.

2. Candi Arjuna

 

View this post on Instagram

 

(@diengexperience)

 

Candi Arjuna merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang terletak di Dieng Kulon, Batur Banjarnegara. Destinasi wisata ini menjadi ikon wisata ternama apabila mengunjungi Dieng.

Pengunjung dapat menikmati pesona dari candi yang terletak di ketinggian 2093 mdpl dan pemandangan sekitar Candi di sekitarnya yang juga indah. Kompleks Candi Arjuna juga masih digunakan sebagai tempat ibadah Galungan dan ruwatan gimbal di DCF.

3. Batu Angkruk

 

View this post on Instagram

 

(@batuangkruk.dieng)

 

Daya tarik dari Batu Angkruk adalah jembatan kaca yang berguna untuk melihat keindahan panorama negeri di atas awan. Pengunjung dapat menikmati megahnya sunrise dan pemandangan alam sekitar apabila mengunjungi spot ini sebelum matahari terbit.

Selain melihat sunrise, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan sunset di sore hari yang tak kalah keren. Untuk bisa menaiki jembatan kaca, pengunjung harus mengantre karena kapasitasnya hanya 10 orang dalam satu waktu.

4. Savana Pangonan

 

View this post on Instagram

 

(@gunung_pangonan)

 

Savana Pangonan merupakan lembah luas yang ditumbuhi ilalang di Bukit Pangonan. Hanya dengan harga tiket sebesar 7500 rupiah, kamu dan pasangan bisa menikmati dan swafoto dengan latar keindahan padang savana. Untuk mencapai Savana Pangonan, pengunjung akan trekking sekitar 30 menit.

5. Aman Griyo Farmhouse

 

View this post on Instagram

 

(@amangriyofarmhouse)

 

Lokasi: Jalan Telaga Warna Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo

Selanjutnya Aman Griyo Farmhouse adalah akomodasi dengan konsep eco-wooden house yang unik. Penginapan ini menawarkan akomodasi private dengan fasilitas yang lengkap layaknya villa. Pasangan honeymoon bisa menginap sembari menikmati pemandangan alam dan suasana yang asri. Rate yang ditawarkan adalah 800 ribu rupiah.

6. Tani Jiwo Hostel

 

View this post on Instagram

 

(@tanijiwo)

 

Lokasi: Jalan Dieng Nomor 31 Pauan Dieng Kulon Batur, Banjarnegara

Saat mengunjungi Dataran Tinggi Dieng tentunya membutuhkan akomodasi yang nyaman. Tani Jiwo Hostel merupakan hostel dengan konsep simple ala backpacker yang menyediakan tipe kamar dormitory dan private.

Hostel ini menyediakan public space, perpustakaan kecil di lantai dua, dan restoran Temu Jumpa di bagian rooftop sehingga dapat menikmati pemandangan yang indah. Selain itu Hostel ini juga menyediakan penyewaan sepeda di sekitar candi. Rate per malamnya mulai dari 140 ribu rupiah.

Bulan Madu di Dataran Tinggi Dieng

7. Bunga Homestay Dieng

 

View this post on Instagram

 

(@bunga_homestay_dieng)

 

Lokasi: Jalan Dieng, Krajan Dieng Kulon Batur Banjarnegara

Bunga Homestay dapat menjadi alternatif akomodasi yang nyaman. Homestay ini memiliki interior unik yakni motif bata di setiap dindingnya. Fasilitas yang tersedia adalah dua kamar tidur di lantai bawah dan 3 kamar di lantai atas. Selain itu terdapat balkon yang bisa menjadi spot foto yang instagrammable. Rate per malamnya adalah 300 ribu rupiah.

8. Homestay Cahaya Sikunir

 

View this post on Instagram

 

(@homestaysikunir)

 

Lokasi: Jalan Telaga Cebong, Sembungan Kejajar Wonosobo

Homestay Cahaya merupakan akomodasi yang berada tepat di kaki Bukit Sikunir. Fasilitas yang disediakan oleh Homestay Cahaya adalah tiga tipe kamar yakni standard room, kamar kaca, dan family bed.

Apabila pasangan honeymoon ingin menikmati sensasi menginap dengan view Telaga Cebong dan pegunungan sekitar Sikunir saat membuka jendela, dapat memilih tipe kamar kaca dengan rate 350 ribu rupiah.

9. Kawah Sikidang

 

View this post on Instagram

 

(@wisatadieng_id)

 

Kawah Sikidang merupakan tempat wisata favorit wisatawan bila berkunjung ke Dieng. Destinasi wisata ini terletak di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Banjarnegara. Kawah Sikidang adalah kawah gunung api yang menawarkan keindahan kawah yang indah.

Di masa pandemi seperti sekarang, pengunjung yang ingin masuk ke Kawah Sikidang harus sudah vaksinasi dan memenuhi protokol kesehatan. Tiket masuk Kawah Sikidang adalah 20 ribu rupiah dan sudah termasuk tiket wisata ke Candi Arjuna. Apabila mengunjungi Candi Arjuna dahulu maka bisa menunjukkan tiket tersebut untuk masuk ke wisata ini.

10. Bukit Sikunir

 

View this post on Instagram

 

(@sikunir_wonosobo)

 

Bukit yang memiliki ketinggian 2.300 mdpl ini menawarkan panorama indah untuk melihat sunrise maupun sunset yang eksotis. Untuk mencapai Bukit Sikunir, kamu hanya butuh waktu 30 menit dengan melewati jalan tangga yang ramah bagi para wisatawan.

11. Telaga Warna

 

View this post on Instagram

 

(@diengexperience)

 

Telaga Warna menjadi destinasi andalan yang tak boleh terlewatkan oleh pengunjung. Sesuai dengan namanya, Telaga ini dapat berubah warna menjadi kuning, hijau, bahkan pelangi karena fenomena alam.

Perubahan warna tersebut karena pancaran sinar matahari pada telaga yang mengandung sulfur. Telaga Warna bisa menjadi tempat wisata yang menenangkan, dan waktu yang tepat untuk mengunjungi telaga ini adalah pagi hingga siang hari.

12. Batu Pandang Ratapan Angin

 

View this post on Instagram

 

(@diengexperience)

 

Batu Pandang Ratapan Angin merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindangan Telaga Warna. Dari Batu Ratapan Angin, kamu bisa melihat dengan jelas panorama Telaga Warna dan pemandangan di sekitarnya yang sangat indah.

Pos pengamatan ini dapat menjadi spot foto yang instagenic. Harga tiket masuk Batu Ratapan Angin adalah 10 ribu rupiah, dan kamu bisa berjalan kaki dari tempat parkir untuk sampai di wisata ini.

 

Rate this post