Perbedaan Nikah sama Kawin, Lho Bukannya Sama?

0
261
perbedaan nikah sama kawin
https://www.pexels.com/id-id/

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata perkawinan dan pernikahan, atau lebih singkatnya kawin dan nikah. Dua kata tersebut bersifat sinonim atau serupa, kawin dan nikah yaitu hubungan antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis kelaminnya. Akan tetapi meski serupa kawin dan nikah ternyata memiliki arti yang berbeda. Kalau kawin atau perkawinan biasanya lebih sering untuk hewan ataupun tumbuhan, ya walaupun manusia juga sering menggunakan kata tersebut untuk menggambarkan pasangan yang melaju ke ikatan yang lebih serius. Sedangkan nikah biasanya hanya untuk manusia yang mempersunting seseorang. Kalau kamu ingin mengetahui secara lebih jelas dan detail kamu bisa simak artikel yang mimin tulis di bawah ini.

Perbedaan Nikah sama Kawin, Lho Bukannya Sama?

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Nikah

Kata “Nikah” menurut KBBI yakni sebuah Ikatan (akad) perkawinan sesuai dengan ketentuan hukum dan ajaran agama.

Kawin

Sedangkan “kawin” menurut KBBI yakni:

  • Membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri; menikah
  • Melakukan hubungan kelamin; berkelamin (untuk hewan)
  • Bersetubuh
  • Perkawinan

 

2. Menurut Wikipedia

Nikah

Pernikahan adalah bentukan kata benda dari kata dasar nikah. Kata itu berasal dari bahasa Arab yaitu kata nikaah ( النكاح ‎) yang berarti perjanjian perkawinan. berikutnya kata itu berasal dari kata lain dalam bahasa Arab yaitu kata nikah ( نكاح‎ ) yang berarti persetubuhan.

Kawin

Dalam istilah biologi, kawin (untuk proses kejadiannya disebut perkawinan) adalah proses pemaduan dan penggabungan sifat-sifat genetika untuk mewariskan ciri-ciri suatu spesies agar tetap lestari (reproduksi).

Proses ini sering kali menghasilkan dimorfisme seksual dalam suatu spesies sehingga dikenal adanya jenis kelamin jantan dan betina. Karena dalam perkembangan terbentuk pula sel-sel yang terspesialisasi berdasarkan tipe seksual, dikenalkan istilah sel kelamin (gametosit). Pada jantan biasanya disebut sel sperma (spermatozoid), dan pada betina disebut sebagai sel telur (ovum).

 

3. Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Palu, Dr. H. Hasbi, M.H.

Nikah

Kata “nikah” berasal dari bahasa arab

Kawin

Kata “kawin” berasal dari bahasa indonesia.  Sehingga Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 awalnya Undang-undang Pernikahan, tapi ketika diplenokan diubah menajdi Undang-Undang Perkawinan, supaya tidak terkesan hanya untuk orang Islam.

 

Perbedaan Nikah sama Kawin Yang Bikin Salah Kaprah

Siapa yang pernah mengartikan nikah itu istilah untuk manusia, sedangkan kawin itu istilah untuk hewan?

Walaupun pada umumnya pernikahan hewan itu kita sebut dengan kawin, namun bukan berarti kawin itu istilah khusus untuk hewan. Karena salah kaprah tersebut membuat kebanyakan orang menganggap konotasi kata kawin pada manusia itu terkesan “negatif”.

Melihat dari penjelasan dari Dr. Hasbi diatas bahwa, Undang-Undang negara saja sudah menggantikan Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang Pernikahan ke Undang-Undang No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Yang dimaksud adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

 

So…

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa nikah dan kawin itu dua kata yang tulisannya berbeda namun artinya sama (sinonim). Yakni hubungan antara makhluk hidup yang berjenis kelamin laki-laki dan makhluk hidup yang berjenis kelamin perempuan. Baik dari kalangan manusia, hewan bahkan tumbuhan.

Sehingga tidak perlu berdebat ya guys. Sesuaikan saja dengan penggunaan pada umumnya. Semoga bermanfaat.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia