7 Pembuka Pintu Rezeki dalam Rumah Tangga Menurut Kacamata Islam

0
278
pembuka pintu rezeki dalam rumah tangga
https://www.pexels.com/id-id/

Pembuka Pintu Rezeki dalam Rumah Tangga – Setiap orang pasti ingin pintu rezekinya dibukakan lebar-lebar sama Allah SWT, terlebih lagi jika kamu adalah pasangan suami istri yang tentunya banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan biaya sekolah anak. Ketika rezeki dalam rumah tanggamu sedang sulit, kamu bisa mencoba melakukan hal-hal atau amalan-amalan ini. Insyaallah rezeki dalam rumah tanggamu akan mengalir terus dengan lancar tanpa hambatan.

7 Pembuka Pintu Rezeki dalam Rumah Tangga Menurut Kacamata Islam

1. Yakini Bahwa Rezeki Sudah Ada yang Mengatur

doa pembuka pintu rezeki dalam rumah tangga
https://www.pexels.com/id-id/

Sesungguhnya, rezeki seluruh makhluk yang ada di bumi ini telah terjamin oleh Allah SWT. Jadi, kita sebagai manusia tidaklah perlu khawatir akan merasa kekurangan karena Allah telah menjamin kecukupan rezekinya.

Allah berfirman dalam QS. Hud ayat 6 yang artinya, “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).

2. Bertakwa dan Bertawakal Kepada Allah SWT

pembuka pintu rezeki dalam rumah tangga
https://www.pexels.com/id-id/

Pembuka pintu rezeki yang kedua adalah dengan bertakwa dan bertawakal kepada Allah SWT, maka Allah akan beri rezeki dari arah yang tidak kita sangka-sangka akan mencukupkan kebutuhannya.

Sebagaimana firman-Nya dalam QS. At-Talaq ayat 2 akhir hingga ayat 3 yang artinya,

  1. ..Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya,
  2. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.

3. Bekerja dan Berusaha

pembuka pintu rezeki suami
https://www.pexels.com/id-id/

Mengharap datangnya rezeki, namun tidak ada usaha? Tidak ada yang instan di dunia ini guys. Allah sudah menjamin, bahwa seseorang akan mendapatkan apa yang dia inginkan (rezeki) sesuai dengan apa yang dia usahakan. Jadi semakin gigih usahamu dalam mencari rezeki, maka InshaAllah rezeki akan datang menghampirimu.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Najm ayat 39-41 yang artinya, “dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna,

4. Perbanyak Syukur

pembuka pintu rezeki dalam rumah tangga
https://www.pexels.com/id-id/

Dengan senantiasa mengucapkan rasa syukur terhadap semua nikmat yang telah Allah SWT berikan, maka Allah akan menambah nikmat tersebut.

Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7 yang artinya, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

5. Rutin Sedekah

apa penyebab rezeki suami susah
https://www.pexels.com/id-id/

Rutin bersedekah dengan mengharap ridho Allah, maka akan Allah gantikan dengan rezeki yang lebih baik darinya.

Allah SWT berfirman dalam QS. Saba’ ayat 39 yang artinya, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik”

6. Perbanyak Istighfar

pembuka pintu rezeki dalam rumah tangga
https://www.pexels.com/id-id/

Firman Allah dalam QS Nuh ayat 10-12 yang artinya,

Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu (istighfar), sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.

Rosulullah SAW juga bersabda:

“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak di sangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya di nilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir).

7. Menyambung Tali Silaturahim

pembuka rezeki
https://www.pexels.com/id-id/

Menyambung tali silaturahim memiliki 2 keutamaan yakni meluaskan rezeki dan memperpanjang umur. Memperpanjang umur bukan berarti umur di dunia jadi bertambah. Namun umur kita selama di dunia menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Rosulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semoga Allah mudahkan kita semua dalam mencari rezeki. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin..

5/5 - (5 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia