9 Merk Kipas Angin Terbaik, Awet dan Berkualitas Tahun 2022

0
1002
Merk Kipas Angin Terbaik
@sankencorp

Kipas angin menjadi alat yang sering ditemui di dalam rumah. Fungsinya adalah untuk memberikan kesegaran angin yang dihasilkan dari perputaran baling-baling menggunakan tenaga listrik. Kipas angin menjadi alternatif banyak orang karena harganya yang lebih murah dari AC (air conditioner). Keberadaan kipas angin tentunya penting mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang dilintasi oleh garis khatulistiwa sehingga suhu udara di setiap wilayah umumnya panas. Bagi kamu yang ingin memiliki kipas angin di rumah. Berikut Bridespedia berikan 9 merk kipas angin terbaik. Sebelum masuk ke pembahasan merk kipas angin, yuk simak penjelasan mengenai jenis kipas angin dan cara memilih kipas angin. 

9 Merk Kipas Angin Terbaik, Awet dan Berkualitas Tahun 2022

Jenis Kipas Angin

1. Wall Fan

Wall Fan atau kipas dinding biasanya menempel di dinding. Jenis kipas seperti ini memiliki baling-baling yang mampu memberikan hembusan angin secara merata ke seluruh ruangan.

2. Desk Fan

Kipas berukuran kecil ini biasanya ditaruh di meja. Ukurannya yang kecil dapat dipindahkan dengan mudah di ruangan apapun seperti kamar tidur, rumah tamu, dapur dan lain-lain.

3. Living Fan

Kipas jenis ini sering ditemukan di setiap rumah karena fitur multi fungsinya. Living fan dapat diubah menjadi dua mode, berdiri dan pendek.

4. Kipas Portable

Kipas portable sangat cocok untuk dibawa bepergian outdoor. Karakteristik dari kipas portable adalah bentuknya yang kecil dan baterai sebagai sumber energi. 

5. Ceiling Fan

Ceiling Fans atau kipas gantung biasanya ditaruh di langit-langit ruangan. Ukurannya yang cukup besar dengan baling-baling panjang membuat hembusan angin cukup besar. Karakteristik lain dari kipas gantung adalah tidak memiliki pelindung dan dilengkapi dengan aksesoris seperti lampu.

6. Exhaust Fan

Exhaust fan berfungsi untuk membersihkan suhu udara agar sirkulasi udara bersih dan lancar.

Cara Memilih Kipas Angin yang Berkualitas

Sebelum menjatuhkan pilihan pada merk tertentu sebaiknya memperhatikan penawaran dari merk tersebut. Berikut merupakan beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kipas angin:

1. Mengetahui jenis kipas dan fungsinya

Harga yang ditawarkan biasanya tergantung pada jenis, model dan jenis motor pada kipas angin. Untuk itu lakukan riset atau cek produk sebelum membeli barang agar tidak mengeluarkan dana lebih.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruangan

Menyesuaikan kebutuhan sebelum membeli produk juga dapat menjadi bahan pertimbangan. Kamu harus menentukan dimana kipas angin akan dipasang. Apakah diletakkan di dinding, di gantung, di taruh di meja, di lantai ataupun ingin dibawa bepergian ke luar rumah. 

Misalnya:

  • Apabila ruangan tidak terlalu luas maka bisa memilih kipas gantung (ceiling fan) maupun kipas dinding (wall fan) agar bisa menghemat space lebih banyak
  • Untuk aktivitas luar seperti bekerja, piknik, travelling, camping dan lain sebagainya bisa memilih kipas portable
  • Jika ingin kipas yang dapat diletakkan sesuka hati. Bisa memilih kipas angin multifungsi yang dapat di ubah ke mode berdiri dan duduk. Selain kipas multifungsi, bisa memilih kipas angin meja karena ukurannya yang kecil.3. Perhatikan daya produk dan rumah

Daya produk dan tegangan listrik di rumah juga menjadi bahan pertimbangan. Sebaiknya hindari membeli kipas angin yang daya (watt) terlalu tinggi sehingga tidak hemat listrik.

3. Memeriksa fitur yang ditawarkan

Saat ini kipas angin yang beredar di pasaran menawarkan berbagai kelebihan dan fitur tambahan. Kamu bisa memilih kipas angin dengan fitur unggulan dan membandingkan dengan brand lain. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, biasanya akan berpengaruh pada harga jual.

4. Membeli dari produsen ternama

Membeli kipas angin dari produsen ternama dan terkenal akan kualitasnya dapat menjadi bahan pertimbangan. Tentunya brand ternama akan berlomba-lomba dalam menawarkan produk berkualitasnya.

Rekomendasi 9 Merk Kipas Angin Terbaik

Berikut merupakan 9 daftar merk kipas angin terbaik yang dapat kamu jadikan referensi dalam memilih kipas angin untuk keperluan rumah. 

1. COSMOS Ceiling Fan 56-CBA – Mulai dari Rp 285.000,00

merk kipas angin terbaik

Peralatan elektronik dari Cosmos dapat menjadi bahan pertimbangan karena produknya selalu berkualitas. Salah satunya adalah kipas gantung seri 56-CBA berukuran 56 inch. Kipas ini dilengkapi dengan fitur 3 pilihan kecepatan yang memudahkan saat mengatur kipas. Daya yang digunakan juga relatif rendah sehingga menghemat pengeluaran listrik setiap bulannya.  

Spesifikasi

Bahan Plastik
Daya 50 watt
Ukuran 56 Inch
Jenis Kipas Gantung

 

2. SEKAI SFN 1808 – Mulai dari Rp 361.000,00

merk kipas angin terbaik

Produk keluaran Sekai dapat menjadi pilihan kipas angin di rumah. Sekai SFN 1808 hadir dengan 3 pengatur kecepatan yang dapat disesuaikan keinginan pengguna. Selain itu mesin motor terbuat dari 100% tembaga sehingga menghemat konsumsi daya listrik yang digunakan.

Berbicara mengenai komponen baling-balingnya, kipas ini menggunakan bahan metal yang menghasilkan angin lebih kencang, awet dan hemat listrik. Untuk keamanannya sendiri menggunakan sekring pengaman yang menjaga pengguna ketika panas kipas angin berlebihan. 

Spesifikasi

Bahan Metal
Daya 90 watt
Ukuran 18 Inch
Jenis Kipas Berdiri

 

3. Maspion EX-167S Stand Fan – Mulai dari Rp 344.800,00

Maspion merupakan brand asli Indonesia yang menyediakan perlengkapan rumah tangga elektronik berkualitas. Kipas angin seri EX-167S hadir dengan fitur 2 in 1 yang dapat berdiri maupun di taruh di meja sesuai kebutuhan pengguna. Keunggulan dari kipas ini adalah baling-baling yang mampu menghasilkan hembusan angin lebih besar dan tidak berisik.

Walaupun baling-balingnya besar, namun konsumsi daya nya relatif rendah sehingga dapat menghemat tagihan listrik per bulannya. Selain itu dinamo motor menggunakan teknologi tinggi dan auto lubrication yang membuat kerja motor lebih lancar dan awet. Serta dilengkapi dengan sistem thermal fuse untuk mencegah terbakarnya motor akibat tegangan tinggi.

Spesifikasi

Bahan Plastik
Daya 55 watt
Ukuran 16 Inch
Jenis Kipas Berdiri

 

4. Cosmos Kipas Angin Wall Fan 16 WFG – Mulai dari Rp 253.000,00

merk kipas angin terbaik

Kipas dinding dari cosmos ini dilengkapi dengan 3 level kecepatan dan super spread yang menjadikan penyebaran angin lebih merata. Konsumsi dayanya juga rendah yakni 46 watt sehingga bisa menghemat pengeluaran rumah. Selain itu terdapat sistem thermostat yang memberikan perlindungan bila panos motor melonjak naik. Kelebihan lainnya adalah Cosmos memberikan garansi produk selama 5 tahun pada dinamo motor. 

Spesifikasi

Bahan Blade
Daya 46 watt
Ukuran 16 Inch
Jenis Kipas Dinding

 

5. Ecolux tipe Eco-032 – Mulai dari Rp 1.530.000,00

Ecolux menjadi produsen kipas angin bergaya mewah, klasik dan modern yang diciptakan untuk memperindah setiap sudut ruangan seperti rumah, restaurant, villa resort, hotel, cafe dan lain sebagainya. Salah satu produk Ecolux yang bisa kamu pilih adalah seri Eco-032 bernuansa hitam dengan 5 blade, 3 tempat lampu dan motor tipe AC. Selain itu terdapat zipper control untuk menyalakan dan mematikan kipas angin.  Sangat elegan dan cantik ya!

Spesifikasi

Bahan Kayu dengan Kualitas Terbaik
Daya 60 watt
Ukuran 1070mm
Jenis Kipas Lampu Gantung
 

 

6. Miyako KAS 1618 B – Mulai dari Rp. 210.000,00

Kipas angin keluaran Miyako ini dapat kamu jadikan kipas di rumah. Dilengkapi dengan 3 pilihan kecepatan. Kipas ini juga dapat diubah menjadi dua pilihan yakni berdiri dan untuk ditaruh di meja. Selain itu terdapat fitur thermofuse safety dan gulungan motor berbahan tembaga yang menjadikan kipas angin awet, hemat dan aman digunakan.

Spesifikasi

Bahan Plastik (Baling-baling ) Besi (Cover baling-baling)
Daya 50 watt
Ukuran 16 inch
Jenis Kipas Berdiri
  

 

7. ROBOT RT-BF10 Portable Fan – Mulai dari Rp 129.900,00

merk kipas angin terbaikKipas angin portable biasanya menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Kipas ini memiliki 3 pilihan kecepatan yang dapat menghasilkan kesejukan sesuai pilihan pengguna. Robot melengkapi desain portablenya agar dapat ditekuk hingga 720 derajat, mudah dilepaskan dan mudah dibersihkan. Ukurannya yang kecil membuat kipas portable Robot dapat diletakkan di mana saja  seperti kamar tidur, meja kerja, ruang keluarga dan lain sebagainya. 

Spesifikasi

Bahan Plastik 
Daya 2000 mAh
Ukuran 150×190×100mm
Jenis Kipas Meja
  

 

8. Miyako KLB 18 Kipas Angin Tornado – Mulai dari – Rp. 369.000,00Rp. 369.000,0

Lengkapi kipas meja di rumah dengan miyako KLB 18 berwarna hitam. Keunggulan dari kipas Miyako adalah terbuat dari besi sehingga sangat kokoh, tebal dan anti karat. Kipas ini memiliki 3 pilihan kekuatan angin yang bisa disesuaikan untuk membuat ruangan lebih sejuk dan segar.

Mesin motornya sendiri tidak menimbulkan suara berisik sehingga terdengar halus ketika digunakan. Selain itu terdapat fungsi thermofuse yang berguna sebagai pengaman dan mencegah terjadinya overheat pada motor kipas. Menariknya lagi adalah terdapat bagian-bagian yang mudah lepas pasang sehingga mudah untuk dibersihkan. 

Spesifikasi

Bahan Besi
Daya 90 watt
Ukuran 18 inch
Jenis Kipas Meja
 

 

9. Sanken Kipas Angin Meja FS 300 GN/PI/BK – Mulai dari Rp. 336.980,00

Rekomendasi kipas meja lainnya adalah Sanken FS 300 GN. Kipas ini hadir dengan desain unik yang menggunakan double blade berukuran 12 dan 7 Inch. Sanken melengkapi kipas meja ini dengan fitur Duo Fan Blade Technology yang menghasilkan putaran angin whirlwind kencang namun tidak menghasilkan dengungan keras.

Walaupun terdiri dari dua blade berukuran berbeda, keduanya hanya membutuhkan daya yang relatif rendah. Selain itu terdapat tiga pilihan kecepatan yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan pengguna.

Spesifikasi

Bahan Plastik
Daya 28 – 36 Watt
Ukuran 7 & 12 Inch
Jenis Kipas Meja
 

 

Baca rekomendasi kipas angin dari artikel lainnya:

Fleksibel! Ini 9 Rekomendasi Kipas Angin Portable Bagus di Tahun 2022

Terjangkau! Ini 9 Rekomendasi Kipas Angin Gantung yang Bagus

Berikut 9 Merk Kipas Angin Berdiri yang Bagus di Tahun 2022

Sejuk! Ini 9 Rekomendasi Merk Kipas Angin Dinding Terbaik

5/5 - (1 vote)