20+ List Persiapan Pernikahan Tanpa WO – Terlengkap

0
8034
list persiapan pernikahan tanpa wo
https://www.pexels.com/id-id/

Sebelum tiba hari pernikahanmu, tentu ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Akan lebih simoel bila kamu menyewa jasa WO atau Wedding Organizer. Namun tidak ada salahnya bila kamu ingin melangsungkan pernikahan tanpa menggunakan jasa wedding organizer. Kalau kamu tidak menggunakan jasa wedding organizer berarti kamu harus membutuhkan tenaga atau effort yang lebih akan tetapi ini akan membuat budget yang kamu keluarkan tidak sebesar ketika menyewa jasa wedding organizer. Ada banyak hal yang harus kamu persiapkan ketika kamu tidak menyewa jasa wedding organizer. Kalau kamu pusing memikirkan apa saja yang harus dipersiapkan, bridespedia telah membuatkan listnya untukmu yang akan menikah tanpa jasa wedding organizer.

20+ List Persiapan Pernikahan Tanpa WO – Terlengkap

Berikut ini adalah list persiapan pernikahan tanpa WO yang perlu kamu lakukan dan persiapkan:

  1. Konsep pernikahan
  2. Budget pernikahan
  3. Dana darurat
  4. Mencari lokasi acara pernikahan
  5. Pesan mahar atau mas kawin
  6. Booking jasa rias
  7. Booking jasa henna
  8. Sewa gaun pengantin dan orang tua
  9. Booking dekorasi pernikahan
  10. Booking catering pernikahan
  11. Me-list siapa saja tamu undangan dan jumlah keluarga yang akan diundang
  12. Me-list perkiraan jumlah tamu undangan yang akan hadir
  13. Bagaimana bentuk undangan pernikahannya
  14. Menyelesaikan segala administrasi pendaftaran nikah
  15. Penghulu
  16. Membuat panitia acara pernikahan
  17. Susunan acara pernikahan
  18. Pembawa acara / MC 
  19. Akan menggunakan adat pernikahan daerah mana
  20. Seragam keluarga dan atau panitia acara
  21. Serangkaian seserahan pernikahan
  22. Souvenir pernikahan
  23. Entertainment / hiburan
  24. Dokumentasi pernikahan
  25. Wedding cake

Persiapan Pernikahan Tanpa WO

Itulah list persiapan pernikahan tanpa WO yang kami referensikan. Sebenarnya semua itu tergantung bagaimana konsep pernikahan yang akan kamu dan pasanganmu pilih untuk mewujudkan hari bahagia kamu berdua.

Bila menginginkan konsep pernikahan yang sederhana dan kekeluargaan, kamu bisa menggunakan konsep intimate wedding. Jadi yang hadir dalam pernikahanmu itu hanya orang-orang terdekat seperti keluarga, saudara, dan sahabat saja. Sehingga pernikahanmu menjadi kesempatan untuk saling bersilaturahim antar keluarga dan memperkuat rasa kekeluargaan.

Namun bila kamu menginginkan pernikahan yang semi-mewah, kamu bisa menjadikan list di atas sebagai referensinya. Beda lagi bila kamu menginginkan pernikahan yang mewah, maka sebaiknya menggunakan jasa wedding organizer. Agar pernikahanmu tersebut tak hanya mewah, tapi juga memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik untuk para tamu undangan.

Setelah konsep pernikahan didapat, selanjutnya konsep lokasi. Apakah mau indoor atau outdoor. Agar mengurangi risiko, konsep lokasi sebaiknya disesuaikan dengan musim pada tanggal pernikahanmu.

Bila kamu akan menikah di akhir tahun seperti bulan desember, maka sebaiknya menggunakan konsep indoor. Karena pada akhir tahun, di Indonesia sedang musim hujan. Namun bila tetap ingin menggunakan konsep pernikahan outdoor, maka perbanyaklah berdoa. Agar Tuhan Yang Maha Esa mencerahkan langit di musim hujan tersebut.

Bagaimanapun persiapannya, sesuaikan dengan budget yang kamu dan calonmu persiapkan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana darurat, barangkali ada pengeluaran yang tak terduga. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan budget setelah menikah. Yakni tentang memenuhi kebutuhan-kebutuhan rumah tanggamu.

Semoga list persiapan pernikahan tanpa WO di atas dapat membantumu. Agar pernikahanmu berjalan lancar, bentuk kepanitian inti sebagai pengganti WO. Kecuali pernikahanmu memang tidak ingin mengadakan perayaan dengan acara formal. Semoga bermanfaat.

5/5 - (6 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia