10 List Persiapan Akad Nikah Bagi Calon Pengantin, Wajib Tahu!

0
400
list persiapan akad nikah
https://www.pexels.com/id-id/

Pernikahan merupakan momen sakral yang menyatukan antara dua insan yaitu laki laki dan perempuan untuk melakukan ikatan suci yang dikenal dalam islam yaitu akad nikah. Tentu saja kamu harus menyiapkan segalanya dengan baik, supaya akad nikahmu nanti bisa berjalan dengan sempurna tanpa adanya hambatan dan halangan. Jadi kamu harus mempersiapkannya jauh jauh hari sebelum berlangsungnya sebuah pernikahan. Buat kamu yang masih bingung tentang apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan akad nikah, bridespedia sudah mempunyai list tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum akad nikah. Kamu bisa menggunakan list ini untuk persiapan akad nikahmu.

10 List Persiapan Akad Nikah Bagi Calon Pengantin, Wajib Tahu!

1. Mengurus Dokumen Nikah

Menyiapkan dokumen persyaratan nikah menjadi salah satu elemen penting dalam menggelar pernikahan. Hal tersebut bertujuan untuk mencatatkan pernikahan secara legal agar mendapatkan jaminan serta perlindungan di mata hukum. Pastikan kamu dan pasangan sudah mengurus dokumen nikah paling lambat 10 hari sebelum acara berlangsung. Selain itu untuk pernikahan di luar KUA dan luar rumah maka harus mengurus surat izin sewa kepada KUA. Terlebih bagi pasangan beda kecamatan yang mengadakan pernikahan.

2. Penghulu

Penghulu merupakan petugas yang ditunjuk pemerintah untuk menikahkan kedua mempelai. Maka dari itu pastikan jadwal penghulu tidak bertabrakan dengan jadwal lainnya agar akad nikah berjalan dengan lancar. 

3. Kesiapan dari Wali Akad

Wali akad menjadi salah satu elemen penting dan termasuk ke dalam rukun nikah. Hakikatnya wali nikah adalah ayah dari calon mempelai wanita, tapi jika berhalangan karena alasan yang jelas bisa digantikan oleh orang lain. Yang bisa menggantikannya adalah saudara laki-laki dari ayah mempelai wanita. Bila tidak ada yang bisa menjadi wali akad dari nasab calon pengantin wanita, maka bisa menggunakan wali hakim dari KUA.

4. Saksi

Saksi menjadi salah satu rukun pernikahan dalam Islam. Oleh karena itu harus menyiapkan dua orang saksi. Syarat penunjukan saksi adalah beragama Islam, sehat jasmani rohani, dewasa, dan mengerti tentang pernikahan.

5. Menghafalkan Lafadz Ijab Qabul

List persiapan akad nikah lainnya adalah bacaan atau lafadz akad nikah. Hal tersebut harus dihafalkan calon mempelai pria dan wali nikah agar prosesi akad nikah menjadi sah. Proses ijab qabul dimulai dengan wali nikah yang mengucapkan bacaan ijab dan setelah itu akan dijawab oleh mempelai pria. Ijab qabul merupakan proses yang sakral dan inti dari semua rangkaian acara pernikahan. Oleh karena itu jangan sampai salah menyebutkan lafadz ijab qabul agar pernikahan bisa sah.

6. Mahar dan Cincin Kawin

Mahar merupakan pemberian sejumlah harta kepada mempelai wanita yang menjadi penghargaan atas kesediaan mempelai wanita untuk dihalalkan. Pemberian mahar dalam pernikahan adalah wajib dan menjadi syarat sahnya pernikahan serta sesuai dengan kesanggupan dari mempelai pria. 

Biasanya mahar yang diberikan oleh pengantin pria kepada wanita adalah sejumlah uang tunai, seperangkat alat sholat dan emas. Selain mahar, terdapat pemberian cincin kawin sebagai simbol pengikat antara mempelai pria dan wanita. Kamu bisa membeli cincin kawin dari logam mulia (emas), diamond, perak ataupun emas putih.

7. Kesiapan Mental

Kesiapan mental dari calon pengantin pria dan wanita menjadi salah satu persiapan yang harus diperhatikan selain persiapan fisik. Karena nantinya dalam membina rumah tangga memerlukan komitmen untuk saling menerima dan nyaman agar bisa hidup bersama seumur hidup. Yang termasuk ke dalam kesiapan mental adalah bisa mengatur emosi, 

8. Khutbah Nikah

List persiapan akad nikah lainnya adalah khutbah nikah. Kamu bisa meminta bantuan Ustadz sebagai pengisi khutbah setelah acara ijab qabul. Peran Ustadz dalam hal ini adalah memberikan nasihat pernikahan dan doa pernikahan.

9. Pembaca Al Quran dan Terjemahannya

Sebelum akad nikah berlangsung, terdapat sesi pembacaan Al Quran dan terjemahannya. Oleh sebba itu kamu harus mempersiapkan orang yang akan membacakan kitab suci Al Quran dan terjemahannya. 

10. Catering Akad Nikah

Apabila kamu ingin menggelar pernikahan hingga akad saja maka catering pernikahan adalah komponen yang penting. Pastikan memesan catering sesuai dengan jumlah tamu undangan yang ada. Biasanya dalam acara pernikahan tersaji makanan prasmanan dan kudapan ringan atau cemilan.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia