Kenali Arti dan 8 Ciri Ciri Pacar Toxic dalam Berhubungan

0
331
ciri ciri pacar toxic
https://www.pexels.com/id-id/

Ciri-ciri Pacar ToxicUntuk sekarang kayaknya tidak sedikit deh orang yang terjebak dalam hubungan asmara yang tidak sehat dan memilih untuk tetap mempertahankan hubungannya itu karena tidak tahu cara mengakhirinya. Hubungan yang tidak sehat juga sering di sebut dengan toxic relationship. Sebelum kamu lanjut untuk mengetahui pacar kamu toxic atau tidak, kamu harus tahu apa itu Toxic Relationship. Begini penjelasannya.

Kenali Arti dan 8 Ciri Ciri Pacar Toxic dalam Berhubungan

  • Apa Itu Toxic Relationship?

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sedang menjalani toxic relationship sehingga terus mempertahankan hubungan atas nama kebahagiaan pasangan. Merujuk dari laman alodokter toxic relationship merupakan istilah untuk menggambarkan suatu hubungan tidak sehat yang berdampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang. Toxic relationship tak hanya terjadi pada pasangan kekasih saja tetapi juga di lingkungan pertemanan, friendzone, dan keluarga. 

Melansir dari laman Psychology Today istilah toxic relationship digunakan pertama kali oleh Lillian Glass dalam bukunya “Toxic People di tahun 1996. Di dalam bukunya Toxic People menunjukkan  hubungan yang dibangun atas konflik, persaingan,dan kebutuhan satu orang untuk mengendalikan orang lain. Seseorang yang berperilaku toxic dalam hubungan biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti karakter dari kecil, lingkungan yang tidak sehat, trauma masa lalu, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Pacar yang Toxic

Untuk bisa mengatasinya kamu harus sadar dan peka terhadap tingkah laku pasangan yang toxic agar menghindarkan diri dari terganggunya kestabilan emosi. Berikut merupakan 8 ciri-ciri pacar yang toxic yaitu sebagai berikut:

1. Selalu Dikontrol Pasangan

ciri-ciri cowok toxic
https://www.pexels.com/id-id/

Salah satu tanda pasangan toxic adalah selalu dikontrol pasangan dalam hal apapun. Terutama yang hubungannya dengan larangan dan semua yang kamu inginkan. Perilaku pasangan yang selalu mengontrol mengakibatkan pasangannya tidak percaya diri dan menghambat produktivitas mereka untuk bisa berkembang. 

2. Tidak Pernah Merasa Cukup

cara mengatasi toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

Hubungan tidak sehat dapat merugikan salah satu pihak baik secara mental, fisik, dan emosional. Salah satu ciri-ciri pacar toxic adalah tidak pernah merasa cukup terhadap pasangan. Ia akan terus fokus pada kekurangan pasangan tanpa melihat kekurangannya sendiri.

Pasangan toxic cenderung membuatmu merasa serba kurang, seperti kurang baik, tidak pintar, kurang rupawan, tidak kayak untuk bisa berhubungan dengannya. Padahal sudah seharusnya ketika menjalani hubungan dengan orang lain harus mengapresiasi dan menghargai pasangan kita.

3. Merendahkan Pasangan

cowok toxic itu apa
https://www.pexels.com/id-id/

Merendahkan pasangan bisa menjadi tanda toxic relationship. Pacar yang toxic akan merendahkan harga diri pasangannya. Dia selalu memanfaatkan kekurangan dan ketakutanmu sebagai bahan candaan yang sama sekali tidak lucu. Tujuan dari tindakan merendahkan pasangan adalah membuatmu tidak percaya diri atas kelebihan dan lebih mudah untuk mengatur pasangan sesuai kemauannya.

4. Gaslighting Pada Pasangan

tanda toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

Gaslighting merupakan salah satu tanda toxic pada pasangan yang menunjukkan bentuk pelecehan emosional pada pasangannya. Bentuk pelecehan emosional adalah berusaha memanipulasi dengan memaksa pasangan mempertanyakan pikirannya, ingatan, bahwa peristiwa yang ia alami. Akibatnya pasangan merasa ragu, cemas, bersalah karena pasangan toxic akan memutar balikan fakta ketika ia melakukan kesalahan tertentu. 

Baca Juga: Gaslighting Relationship Adalah Hubungan Tidak Sehat, Berikut Penjelasannya

5. Dia Menyalahkan Atas Segala Hal

ciri ciri pacar toxic
https://www.pexels.com/id-id/

Pasangan yang toxic akan membuatmu merasa salah atas tindakan yang mungkin tidak pernah kamu lakukan. Dia tak ingin ikut bertanggung jawab atas kesalahan yang mungkin disebabkan oleh kedua belah pihak.

Bahkan ia tak segan untuk menyalahkan kamu atas segala hal yang tidak berhubungan denganmu. Dampaknya adalah kamu merasa bertanggung jawab dalam memperbaiki hubungan, walau keduanya harus berkompromi dan bekerja sama untuk mencari solusi terbaik.  

6. Terisolasi dari Dunia Luar

contoh toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

Terisolasi dari dunia bisa menjadi tanda pasangan yang toxic. Melansir dari laman sehatq.com pasangan yang toxic menunjukkan perilaku posesif dan terlalu suka mengatur serta berusaha sekuat mungkin untuk mengucilkanmu dari siapapun.

Dia akan mengawasi dan menghubungimu setiap saat, melacak lokasi, serta membuat batasan apa saja yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Dampak dari sikap toxic pasangan akan membuatmu tidak nyaman dan tidak bebas dalam bersosialisasi dengan orang lain selain pasangan.  

7. Menggunakan Kekerasan di Setiap Kesempatan

penyebab toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

Hubungan yang tidak sehat bisa ditandai dengan kekerasan dalam bentuk verbal, fisik, dan emosional. Perilaku kekerasan tersebut membuat korbannya menerima perlakuan buruk dan menyisakan kerugian serta dampak yang besar. Seperti kekerasan fisik yang menyebabkan memar, luka, dan lain sebagainya.

Selain dampak fisik, korban juga merasakan dampak psikologis seperti depresi, tidak percaya diri, kecemasan, dan takut dengan orang lain. Apabila pasanganmu sudah menggunakan kekerasan dalam berpacaran maka kamu harus segera meninggalkannya ataupun meminta pertolongan orang lain.

8. Cemburu Tanpa Alasan

korban toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, termasuk cemburu pada pasangan. Cemburu yang wajar bisa menjadi tanda betapa pentingnya menghargai keberadaan pasangan dan menjadi tanda cinta. Namun dalam hubungan toxic, cemburu dapat menjadi senjata untuk membuat salah satu pihak tidak nyaman dan membatasi hal yang sebenarnya normal.

Baca Juga: Kamu Berhak Bahagia! Ini 8 Cara Move On dari Toxic Relationship

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia