Kenali 10 Macam Macam Toxic Relationship, Kamu Harus Waspada!

0
5555
macam macam toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

Toxic relationship, ya tentunya kalian semua sudah pernah mendengar kata ini bukan? Tapi kalian tau gak sih apa itu Toxic relationship? Toxic Relationship adalah suatu sikap dalam hubungan percintaan yang tidak sehat atau tidak berjalan sesuai apa yang kita inginkan. Tentu saja jika kamu sudah merasa hubunganmu memasuki zona toxic relationship, maka kamu harus segera merubah mulai dari kebiasaan hingga sikap pasanganmu yang mungkin semena-mena dengan kamu. Kalau pasangan kamu sudah tidak bisa merubah sikapnya, sebaiknya kamu segera meninggalkan pasanganmu itu sehingga batinmu tidak tersiksa terus menerus. Sebenarnya ada berbagai macam-macam toxic relationship, berikut ini bridespedia akan memberikan ulasannya tentang macam macam toxic relationship.

Kenali 10 Macam Macam Toxic Relationship, Kamu Harus Waspada!

1. Abusive Relationship

Abusive relationship merupakan suatu istilah yang menggambarkan hubungan tidak sehat dari salah satu pasangan dengan maksud mengatur serta mengendalikan melalui kekerasan. Bentuk kekerasan tak hanya pada bentuk fisik saja tetapi lewat verbal, emosional, finansial, atau bahkan seksual. 

Hubungan yang abusive dapat kamu perhatikan ketika ia sedang marah dan tidak menyukai suatu hal. Perlu untuk dilihat apakah ia suka menggunakan kekerasan, memaki, memukul, mengejek, memaksa dan lain sebagainya. Dampak dari hubungan yang abusive adalah korban mendapatkan cedera dan trauma dalam bentuk fisik maupun emosional.  

2. Manipulatif

Sikap manipulatif menjadi salah satu ciri dari toxic relationship. Dimana pasangan akan menyerang dan mempengaruhi emosi seseorang agar bisa mengikuti apa yang dia inginkan. Pasangan yang manipulatif akan membuat pasangannya menyerah dan menuruti semua keinginannya. Kenali sikap toxic tersebut ketika pasangan sudah membuatmu merasa bersalah, suka memanipulasi fakta, memaksakan kehendak dan lain sebagainya.

3. Silent Treatment

Silent treatment merupakan sikap mendiamkan pasangan ketika emosi mendera dan bertujuan untuk membuat pasangan jera. Apabila pasangan melakukan silent treatment untuk waktu yang lama maka akan berujung pada toxic relationship. Silent treatment cenderung membuat seseorang tidak mau berbicara, berinteraksi, atau bahkan menolak untuk bertemu. 

Meskipun hanya diam, tapi dampak dari mendiamkan pasangan secara berlebihan membuat hubungan semakin menjauh dan terabaikan. SIkap mendiamkan pasangan juga membuat keduanya tidak menyelesaikan masalah dengan baik dan menyakiti mental pasangannya.

Toxic Relationship, Kamu Harus Waspada!

macam macam toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

4. Parental Mirroring

Parental Mirroring adalah sikap toxic yang terjadi ketika salah satu pihak belum menyelesaikan masalah dengan orang tuanya. Selain itu ia akan berperilaku buruk dan sama seperti orang tuanya. Apabila diteruskan maka akan menimbulkan konflik dan masalah lainnya yang rumit.

5. Menyalahkan Pasangan

Menjalani hubungan memang tak mudah, ada berbagai fase naik turun yang membuat hubungan teruji. Biasanya fase pertama dalam hubungan masih romantis dan hangat. Tapi ketika sudah menjalani hubungan di waktu yang lama maka fase romantis tersebut sudah lewat. Akan ada masa dimana pasangan menunjukkan sikap berlebihan termasuk suka menyalahkan pasangannya. 

Menyalahkan pasangan membuat satu pihak merasa menjadi sumber masalah. Sehingga ketika terjadi suatu konflik, tidaka akan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. Hubungan tersebut akan membuat mental dan pikiranmu tidak stabil karena selalu menyalahkan dengan berbagai alasan.

6. Meremehkan Pasangannya

Salah satu ciri toxic relationship adalah suka meremehkan pasangannya. Sikap tidak sehat tersebut ditunjukkan dengan komentar dan reaksi tidak menyenangkan terhadap semua hal yang kamu lakukan, bahkan hal terkecil sekalipun. Hubungan yang dipenuhi dengan sikap meremehkan dan merendahkan pasangan membuat salah satunya enggan untuk menyampaikan opini ataupun pendapat karena takut untuk diremehkan.

Macam Macam Toxic Relationship

macam macam toxic relationship
https://www.pexels.com/id-id/

7. Temperamental

Sikap temperamental menjadi salah satu ciri dari hubungan yang toxic. Pasangan yang selalu mengedepankan amarah dan tidak bisa mengendalikan emosi akan berujung pada tindakan abusive. Oleh karena itu kamu harus waspada ketika pasangan sudah menunjukkan sikap marah yang tidak terkendali, tidak sabaran, dan suka menyalahkanmu atas kesalahan yang dia lakukan. 

8. The Over Dependent Partner

The over dependent Partner merupakan pasangan yang selalu bersikap pasif dan bergantung pada pasangannya. Sikap bergantung ini termasuk ke dalam toxic relationship karena disebabkan oleh selalu merasa tidak cukup, tidak ingin ikut andil dalam pengambilan keputusan. Bahkan tidak mampu untuk melakukan suatu hal yang sebenarnya bisa ia lakukan. Hubungan yang seperti ini akan membuat salah satu pihak capek hati dan merasa dimanfaatkan. 

9. Cemburu Berlebihan

Hakikatnya cemburu menjadi tanda sayang seseorang kepada pasangannya. Namun apa jadinya bahwa cemburu terkesan berlebihan dan tidak pada tempatnya. Sikap cemburu yang tidak terkendali tersebut membuat pasangan tidak nyaman. Cemburu yang berlebihan akan menumbuhkan ketidakpercayaan antar pasangan sehingga hubungan sudah tidak sehat lagi.

10. Membatasi Interaksi dengan Orang Lain

Membatasi interaksi dengan orang lain termasuk ke dalam jenis toxic relationship. Seseorang yang suka mengatur dan mengontrol interaksi pasangannya secara berlebihan membuatmu tidak aman dan bebas dalam bersosialisasi. Kamu harus waspada apabila ia selalu melarang pada hal-hal yang sebenarnya remeh dan berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. 

5/5 - (5 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia