Inilah Pertanyaan Penghulu Sebelum Akad Nikah yang Harus Kamu Ketahui

0
12153
pertanyaan penghulu sebelum akad nikah
https://www.pexels.com/id-id/

Pernikahan adalah suatu acara atau momen yang sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang ataupun pasangan. Dalam sebuah pernikahan pastilah ada seorang penghulu yang akan membimbimbing salah satu prosesi dari pernikahan yang sangat penting yaitu akad nikah. Dimana penghulu akan membimbing pasangan tersebut supaya bisa sah menjadi sepasang suami istri. Selain membimbing pasangan tersebut penghulu juga memberikan beberapa nasihat atau pesan tentang bagaimana kehidupan berumah tangga dan juga penghulu akan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang kamu dan pasanganmu. Pasti banyak dari kalian semua yang belum menikah, nggak tau kan apa yang penghulu tanyakan ke pasangan yang akan menikah? Tak perlu khawatir Bridespedia telah membuat artikel yang berisi seputar pertanyaan ke calon pengantin sesaat sebelum akad. Berikut pertanyaan-pertanyaannya.

Inilah Pertanyaan Penghulu Sebelum Akad Nikah yang Harus Kamu Ketahui

1. Pertanyaan Tentang Umur

Saat proses verifikasi dan screening data di KUA sebelum akad nikah berlangsung, pasangan akan mendapat pertanyaan masalah umur. Karena usia sebagaimana keterangan dari KTP atau identitas diri dan sumber lainnya dapat dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan dokumen yang ada.  

2. Menanyakan Status Kedua Calon Pengantin

Selain pertanyaan tentang umur, kedua calon pengantin juga akan diverifikasi mengenai status perkawinannya. Apakah memang single, janda duda, ataupun cerai mati. Oleh sebab itu dokumen yang menerangkan status perkawinan kedua pasangan harus benar-benar lengkap agar lanjut pada proses berikutnya. Jangan sampai tidak memiliki dokumen yang kuat terkait dengan status perkawinan misalnya janda atau duda sehingga akan menyulitkan penghulu dan petugas KUA untuk memproses pendaftaran nikah

3. Mengkonfirmasi Data Saksi dan Wali Nikah

Sesaat sebelum akad nikah, penghulu akan menanyakan dan mengkonfirmasi data dua orang yang menjadi saksi nikah. Syarat menjadi saksi nikah adalah beragama Islam, baligh, laki-laki, berakal, merdeka dan adil. Sedangkan syarat seseorang menjadi wali adalah masih satu nasab dengan mempelai wanita yakni ayahnya ataupun yang sesuai nasab dari pihak ayahnya. . Setelah selesai mendata dan memeriksa data saksi dan wali, penghulu akan menjelaskan fungsi dan peran dari keduanya. 

4. Mengucapkan Al Fatihah, Istighfar dan Syahadat

Penghulu akan membuka akad nikah dengan mengucapkan Al Fatihah, istighfar dan syahadat bersama para hadirin yang hadir dalam proses akad nikah. 

5. Pertanyaan Terkait Urusan Pernikahan

Sebenarnya pertanyaan dari penghulu sesaat sebelum akad nikah tergantung dari penghulu itu sendiri. Ada yang tidak menanyaka perihal pernikahan dan ada yang menanyakan hal tersebut. Seperti pada penghulu bernama Haji Anas Fauzie asal Malang yang sempat viral karena bertanya kepada calon pengantin wanita terkait dengan tugas istri setelah menikah. Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah untuk mencairkan suasana agar tidak tegang. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk belajar ilmu tentang pernikahan dari literatur, kelas pra nikah maupun dunia Maya agar tidak gugup saat mendapat pertanyaan mengenai urusan pernikahan oleh penghulu. 

Itulah 5 pertanyaan penghulu sebelum akad nikah yang biasanya ditanyakan saat screening data di KUA. Penting untuk diingat bahwa sebelum mendatangi KUA untuk mendaftarkan pernikahan, tentunya harus melengkapi semua persyaratan agar tidak mengganggu persiapan pernikahan lainnya yang lumayan ribet dan banyak. 

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia