Inilah Bahan Video Undangan Pernikahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri

0
621

Bahan Video Undangan Pernikahan – Pernikahan merupakan momen sakral dan suci yang menjadi dambaan setiap manusia dalam perjalanan hidupnya. Setiap pasangan pun memiliki kisah cinta dalam menjemput jodohnya masing-masing dan membuat kisahnya akan selalu terkenang sampai kapanpun. Salah satu cara untuk menyambut momen bahagia dan mengundang orang-orang terdekat dalam pernikahan adalah membuat undangan dalam bentuk video. Walaupun saat ini undangan konvensial masih menjadi pilihan dalam membuat undangan, namun undangan berformat video juga menjadi trend dalam dunia pernikahan.

Undangan pernikahan berbentuk video merupakan cara kekinian dalam mengundang seseorang ke acara pernikahan. Hanya dengan satu video saja kamu bisa mengirimkan undangan ke siapapun, kapanpun dan dimanapun tanpa harus bertemu secara langsung. Kamu bisa mengirimnya lewat social media yang kamu punya baik whatsapp, telegram, line, instagram hingga facebook. Kelebihan dari undangan digital ini adalah hemat biaya, lebih praktis dan ramah lingkungan.

Inilah Bahan Video Undangan Pernikahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Informasi dalam Video Undangan

1. Informasi Calon Pengantin

Tentunya dalam suatu undangan membutuhkan informasi kedua calon pengantin untuk memudahkan tamu undangan tahu siapa yang akan menikah. Cantumkan nama kamu dan pasangan serta nama orang tua pasangan.

2. Foto

Agar lebih menarik, masukkan foto kedua calon pengantin ataupun foto prewedding romantis yang sudah kamu ambil sebelumnya. Foto akan membuat suasana undangan lebih berkesan. Biasanya foto yang dijadikan video akan dibuat dengan efek animasi sehingga lebih menarik.

3. Informasi Acara

Informasi acara menjadi bagian tak terpisahkan dari undangan pernikahan. Melalui informasi ini, tamu undangan akan lebih mudah dalam menonton dan datang ke acara pernikahanmu. Kamu bisa menambahkan pembuka kata undangan, hari dan tanggal pernikahan, lokasi acara, protokol kesehatan dan kutipan ayat.

Baca Juga: 10 Kutipan Al Quran untuk Undangan Pernikahan yang Terbaik dan Indah

Baca Juga: 20 Kutipan Ayat Alkitab untuk Undangan Pernikahan yang Indah

4. Musik

Undangan tak akan lengkap dengan background audio yang memberikan kesan romantis dan mewakili konsep acara. Kamu bisa memasukkan audio dari penyanyi favoritmu ataupun lagu yang sedang viral. Tapi jangan lupa gunakan musik yang memiliki liirik tentang cinta, pasangan atau bisa juga pernikahan agar undangan semakin menarik dan berkesan.

5. Ornament Video

Bahan video undangan pernikahan lainnya adalah ornament yang tak lepas dari suatu undangan. Jika kamu memilih jenis undangan karikatur maupun minimalis maka membutuhkan ornament agar lebih menarik. Maka dari itu kamu bisa menambahkan png rustic, dedaunan, flower, animasi kartun pengantin, confetti dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan png tersebut, kamu bisa mendownloadnya di freepik.com.

6. Aplikasi Editing

Saat ini ada berbagai aplikasi android maupun PC yang bisa membantumu mengedit video undangan pernikahan. Ada Canva, Wedding Invitation Cards Maker, Invitation Maker 2.0, Picsart movie maker dan lain sebagainya. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis lewat google play store yang tersedia di smartphone. Selain aplikasi android, kamu juga mengeditnya melalui microsoft power point. Ada berbagai macam fitur yang bisa membantu membuat undangan dengan mudah.

Situs Website Download Gratis Video untuk Wedding Video

Selain undangan berbentuk animasi, kamu bisa mengemasnya dengan footage real dari situs-situs ini. Berikut merupakan list website yang menyediakan footage gratis untuk membuat video undangan pernikahanmu:

1. Videvo

bahan video undangan pernikahan

Videvo merupakan situs website yang menyediakan +500.000 video yang beragam jenisnya seperti footage clip, motion graphic, sound effects, video templates dan stock music tracks. Berbicara mengenai kualitas video, Videvo menyediakan footage dengan kualitas 720p, 1080p dan 4k. Melalui video kamu bisa mencari berbagai footage sesuai keperluan. Untuk lisensinya, Videvo mempunyai dua jenis lisensi yaitu Videvo Standard License untuk keperluan apapun dan Creative Summons 3.0 dapat dimanfaatkan untuk  keperluan apapun harus memberikan credit.

2. Pexels

bahan video undangan pernikahanSelain menyediakan stok foto gratis, Pexels juga menyediakan footage video berformat mp4 dengan kualitas HD hingga 4k. Kamu bisa menggunakan footage dari Pexels dan bebas menggunakannya karena menyediakan lisensi CC0 atau Creative Common Zero untuk keperluan pribadi maupun komersil. Keunikan dari Pexels adalah menyediakan footage mockup sehingga memudahkanmu untuk mengganti berbagai video atau foto. Selain menyediakan pilihan video secara gratis, Pexels juga memiliki banyak footage berbayar dari shutterstock apabila kamu ingin mencari yang lebih bervariasi.

3. Mazwai

Website penyedia video gratis lainnya adalah Mazwai. Situs ini menyediakan video bebas hak cipta yang terbaik dan terpilih dari tim professional Mazwa. Kamu bisa memanfaatkan stok video yang ada untuk berbagai keperluan baik personal maupun komersial. Kemudahan dari Mazwai adalah pengguna tidak diharuskan untuk mendaftar di situs sehingga langsung mendownload footage yang diinginkan.

Baca Juga: 10 Contoh Undangan Pernikahan Islami Digital untuk Pernikahanmu

4. Pixabay

bahan video undangan pernikahanPixabay merupakan penyedia footage yang dapat kamu download secara gratis. Kamu bisa mendownload dan menggunakannya untuk keperluan apapun karena Pixabay menyediakan semua footagenya dengan lisensi CC0. Kualitas video yang ditawarkan adalah HD dan 4k. Jenis video yang ada di Pixabay berupa motion graphic, looping clips dan video lainnya.

5. Videezy

Videezy merupakan website yang menyediakan beragam video menarik dan berkualitas bagi penggunanya. Kualitas video yang ditawarkan adalah HD dan 4k. Kamu dapat mencari footage sesuai tema yang diinginkan dan mendownloadnya secara gratis.

6. MixKit

bahan video undangan pernikahanRekomendasi situs website video gratis lainnya adalah MixKit. Situs ini menyediakan stock video, sound effects dan video templates. Selain video, Mixkit juga menyediakan backsound mp3 yang berkualitas. Stok music yang disediakan adalah 1000 audia dan siap kamu gunakan untuk project apapun termasuk wedding video.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Vendor untuk Membuat Undangan Tunangan Online

5/5 - (1 vote)