Inilah 8 Makna Pernikahan Bagi Seorang Wanita yang Perlu Kamu Tahu

0
273
makna pernikahan bagi seorang wanita
https://www.pexels.com/id-id/

Setiap orang yang sudah dewasa pasti memiliki keinginan untuk membina rumah tangga dengan seseorang, atau ia pasti ingin segera melakukan pernikahan untuk melepaskan masa lajangnya. Tentu saja hal ini bukan hanya para pria yang merasakannya, tapi juga para perempuan pun merasakan hal yang sama. Akan tetapi makna suatu pernikahan bagi seorang pria dan wanita sudah pasti berbeda. Untuk kalian semua para pria yang ingin mengetahui makna pernikahan bagi seorang wanita supaya kalian bisa lebih memantaskan diri lagi dengan pasangan kalian. Bridespedia akan memberitahukan makna pernikahan bagi seorang wanita.

Inilah 8 Makna Pernikahan Bagi Seorang Wanita yang Perlu Kamu Tahu

1. Bentuk Ketaqwaan dan Bagian dari Ibadah

Allah menciptakan hambanya agar bisa berpasang-pasangan. Begitu pula dengan wanita yang memiliki fitrah untuk menikah dan menyempurnakan separuh agama. Pernikahan yang dilakukan bertujuan untuk menjalankan perintah Allah SWT apabila ia sudah benar-benar siap secara ilmu, mental, fisik, dan finansial nya. 

2. Mencapai Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Salah satu makna pernikahan adalah mencapai kebahagian dunia dan akhirat. Orang yang telah menikah akan mengetahui perbedaan bagaimana kebahagiaan dan kenikmatan sesudah ataupun sebelum menikah. 

Karena semua hal baik termasuk melayani suami akan membawa pahala dan kebaikan padanya. Dengan menikah juga akan meningkatkan keimanan pada Allah SWT karena berusaha berbakti kepada suami dan menjalankan ibadah demi mencapai ridha-Nya.

makna pernikahan bagi seorang wanita
https://www.pexels.com/id-id/

3. Ikatan Batin antara Kedua Pasangan

Hakikatnya pernikahan adalah ikatan antara wanita dan pria dalam ikatan yang sah di mata hukum serta agama. Pernikahan yang dibangun tentunya atas dasar cinta dan komitmen untuk mencapai rumah tangga yang kekal. Sehingga harus dibutuhkan ketulusan, kesabaran, komitmen, saling memahami dan kesetiaan dalam melewati semua rintangan.

4. Menjaga Kehormatan untuk Wanita

Makna penting pernikahan bagi seorang wanita adalah menjaga kehormatannya. Terlebih di zaman yang penuh dengan fitnah syahwat dan menyebabkan banyak ketidaksesuaian dengan fitrahnya. Untuk itu menikah menjadi solusi dalam melindungi diri sekaligus menjaga kehormatan wanita. Karena wanita yang menikah akan menyalurkannya pada seseorang yang sudah halal dan mahram baginya.  

5. Mendapatkan Keturunan yang Baik

Salah satu tujuan pernikahan adalah mendapatkan keturunan. Menikah tak hanya sekedar mendapat keturunan saja tetapi berusaha melahirkan keturunan yang sholeh, baik, dan memiliki bekal yang cukup untuk masa depannya. Keturunan yang berkualitas akan mampu menjalankan kewajiban dan menjauhi larangan-Nya serta termasuk ke dalam amal jariyah atau amalan yang tidak terputus dari anak sholeh. 

makna pernikahan bagi seorang wanita
https://www.pexels.com/id-id/

6. Terhindar dari Zina

Terkait dengan makna pernikahan, terdapat hadits yang melarang perbuatan zina yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi yakni sebagai berikut:

إِذَا زَنَى الرَّجُلُ خَرَجَ مِنْهُ الإِيمَانُ كَانَ عَلَيْهِ كَالظُّلَّةِ فَإِذَا انْقَطَعَ رَجَعَ إِلَيْهِ الإِيمَانُ

Artinya:

“Jika seseorang itu berzina, maka iman itu keluar dari dirinya seakan-akan dirinya sedang diliputi oleh gumpalan awan (di atas kepalanya). Jika dia lepas dari zina, maka iman itu akan kembali padanya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Berdasarkan hadits di atas, Allah melaknat seseorang yang berzina antara dia orang yang belum memiliki ikatan apapun. Oleh karena itu cara paling baik untuk menghindarkan diri dari zina adalah menikah. 

7. Membangun Rumah Tangga Bahagia

Makna pernikahan bagi seorang wanita adalah membangun bahtera rumah tangga yang bahagia. Sebagaimana disebutkan dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal (1) bahwa tujuan pernikahan yang sah adalah untuk membangun keluarga bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. 

8. Membuka Pintu Rezeki

Menikah menjadi salah satu jalan untuk membuka rezeki. Allah akan memberikan jaminan kepada hambanya yang sudah menikah. Hal tersebut sesuai dengan Surah An Nur Ayat 32 yaitu sebagai berikut:

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkahwin) dari hamba-hamba sahaya yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. An Nur: 32).

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia