Ini Lho, 10 Makanan untuk Kesuburan Pengantin Baru

0
812
makanan untuk kesuburan pengantin baru
https://www.pexels.com/id-id/

Makanan untuk Kesuburan Pengantin BaruSetelah menikah, banyak pengantin baru yang langsung merencanakan program kehamilan. Namun juga tidak sedikit yang menundanya. Untuk pengantin baru yang ingin memiliki momongan, maka harus lebih memperhatikan kesehatannya. Karena kehamilan berpeluang terjadi ketika kamu dan pasangan dalam keadaan sehat.Ada beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan pengantin baru baik suami ataupun istri. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak! Apa aja sih, makanan untuk kesuburan pengantin baru bagi yang ingin langsung promil atau program hamil.

Ini Lho, 10 Makanan untuk Kesuburan Pengantin Baru

1. Kuning Telur Bebek

Dikutip dari My Fitness Pal, kuning telur bebek kaya akan kandungan nutrisinya yakni protein, kolin, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E, sodium, kalium, kalsium, selenium, dan zat besi.

Adapun nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesuburan yakni adanya vitamin B12 dan selenium. Dimana Vitamin tersebut berperan dalam memproduksi komponen genetik DNA dan RNA dari telur dan sperma. Selain itu juga ada kandungan selenium pada kuning telur bebek yang juga penting untuk kesuburan dan kehamilan. Bila kekurangan selenium dapat membuat keguguran pada istri dan kemandulan pada suami.

2. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari memiliki kandungan nutrisi berupa seng yang sangat baik. Seng berfungsi membantu tubuh untuk menjalankan enzim dengan lancar. Fungsi tersebut sangat penting untuk kesuburan karena akan mempengaruhi perkembangan sel telur dan sperma.

Selain itu, biji bunga matahari juga merupakan sumber Vitamin E yang baik untuk kesuburan sperma. Sebuah penelitian dalam jurnal Human Reproduction Update diketahui bahwa mengkonsumsi vitamin E terbukti dapat meningkatkan kesuburan sperma.

3. Buah Jeruk

Buah jeruk terkenal akan sumber vitamin C nya, yang dapat membantu menstabilkan ovulasi dan mendorong pelepasan sel telur. Dalam jeruk juga mengandung poliamina putresin, dimana zat tersebut dapat menghasilkan sel telur dan semen (cairan mani) yang lebih berkualitas.

Melansir Very Well Family, zat ini akan menurunkan tingkat cacat kromosom pada sel telur yang mengalami ovulasi hingga 50 persen dan dapat membantu sel telur serta sperma menjaga integritas kromosomnya.

4. Hati Sapi

Asam Folat (folic acid) atau Vitamin B9 dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Mungkin banyak yang tidak suka mengkonsumsi hati sapi. Namun, ternyata kandungan asam folat pada hati sapi lebih banyak daripada dagingnya.

Bahkan, hati sapi diketahui sebagai sumber asam folat yang tertinggi di antara bahan makanan lainnya. Per tiga ons hati sapi saja mengandung hingga 215 mikrogram asam folat, lho!

5. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang sering digunakan dalam menu makanan barat. Rasanya garing dan gurih. Bahkan jika sangat muda, bisa dikonsumsi langsung masih mentah dan dijadikan campuran dalam salad.

Asparagus mengandung folat Asparagus juga mengandung vitamin E, vitamin B, vitamin K, dan berbagai antioksidan lain. Di mana, antioksidan ini punya peranan penting dalam meningkatkan kualitas organ reproduksi. 

Dilansir dari SBS Australia, makanan kaya antioksidan bisa menjaga sel telur dari kerusakan oksidatif.

6. Keju Matang

Mengkonsumsi keju seperti jenis cheddar, parmesan, dan manchego adalah jenis makanan yang bisa bantu tingkatkan kesuburan. Pasalnya makanan ini mengandung lebih banyak poliamina. Penelitian juga telah menemukan bahwa poliamin memainkan peran penting dalam sistem reproduksi.

Keju matang secara khusus juga memiliki kandungan poliamin putresin yang tinggi, yang berperan dalam kesehatan sel telur dan sperma.

7. Yogurt & Es Krim

Produk susu yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti yogurt dan es krim, ternyata dapat membantu meningkatkan kesuburan,loh. Studi di Harvard menemukan, wanita yang mengkonsumsi produk susu berlemak tinggi lebih kecil kemungkinan mengalami masalah ovulasi daripada wanita yang mengkonsumsi produk susu yang rendah lemak.

Sebaiknya konsumsi es krim 1 atau 2 porsi saja dalam seminggu. Karena es krim mengandung lemak yang tinggi, apabila berlebihan maka akan meningkatkan potensi naiknya berat badan secara drastis yang akan berpengaruh secara negatif pada kesuburan. 

8. Susu Tinggi Lemak

Academy of Nutrition and Dietetics menganjurkan untuk memilih produk susu yang tinggi akan lemak bukan produk susu yang rendah lemak.

Kenapa memilih susu yang tinggi lemak? penelitian dalam jurnal Human Reproduction menghasilkan bahwa, asupan makanan olahan susu dan susu yang rendah lemak dapat meningkatkan risiko tidak subur.

Sehingga keutamaan mengkonsumsi susu untuk promil dan agar cepat hamil sebenarnya terletak pada kandungan nutrisi yang terdapat pada susu yakni protein, karbohidrat, vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, kalsium, dan tentunya yang tinggi lemak.

9. Salmon

Salmon juga merupakan makanan yang baik untuk meningkatan kesuburan pengantin baru. Dalam salmon memiliki kandungan asam lemak esensial dan omega-3, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan pada suami dan istri yang sedang promil. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga baik untuk pertumbuhan janin nantinya.

Kandungan yang lain dalam salmon yakni selenium dan kadar Vitamin D yang tinggi sebagai nutrisi penting untuk reproduksi dalam meningkatkan kesuburan pada suami dan istri.

10. Alpukat

Buah alpukat menjadi salah satu buah yang memiliki nutrisi baik untuk meningkatkan kesuburan pengantin baru. Kandungan nutrisi di dalamnya terdapat asam folat, potassium, serat, seng, tinggi kalium, tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan buah ini menjadi sumber Vitamin E.

Itulah makanan yang bisa menunjang kesuburan terutama bagi pengantin baru. Yang terpenting adalah tidak berlebihan dan secukupnya. Tak hanya itu, sebaiknya hindari makanan yang membuatmu alergi, walaupun itu masuk dalam list di atas.

Selain memperhatikan makanan, kesuburan pengantin baru juga perlu di imbangi dengan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Yakni dengan mengurangi stres, memprioritaskan tidur, berolahraga secara teratur tetapi cukup, berhubungan seks secara teratur, dan makan makanan yang seimbang.

Semoga membantu.

 

 

Sumber : dari berbagai sumber

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia