Ingin Pernikahan yang Minimalis? Berikut 11 Susunan Acara Intimate Wedding 

0
5893
susunan acara intimate wedding
https://www.pexels.com/id-id/

Dikala pandemi sedang melanda seperti saat ini, untuk membuat pesta pernikahan yang meriah dan mengundang banyak teman serta kerabat, rasa-rasanya akan sangat susah. Maka dari itu intimate wedding bisa menjadi solusimu yang ingin segera menikah, karena konsep dari intimate wedding sendiri mengundang tamu lebih sedikit dibandingkan pernikahan biasa. Jadi konsep ini akan sangat cocok digunakan pada saat pandemi seperti sekarang. Berikut ini susunan acara yang dapat kamu gunakan untuk melaksanakan intimate wedding.

Ingin Pernikahan yang Minimalis? Berikut 11 Susunan Acara Intimate Wedding 

1. Pembukaan Acara

Pembukaan acara pernikahan dibuka oleh pembawa acara. Kemudian selanjutnya prosesi dengan penyambutan keluarga dan mempelai pria ke balai pernikahan. Setelah itu keluarga wanita akan menyambut sekaligus menerima seserahan dari mempelai pria. Saat mempelai pria duduk di tempat akad, pengantin wanita mulai memasuki ruang akad nikah sembari diiringi oleh lagu pernikahan. 

2. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

Setelah semuanya hadir dalam tempat akad nikah, selanjutnya terdapat pembacaan Ayat suci Al Quran. Biasanya ayat suci yang dibacakan tentang urusan pernikahan seperti Ar Rum ayat 21 dan An Nisa Ayat 1.

3. Khutbah Nikah

Khidmatnya akad nikah akan semakin lengkap bila terdapat Khutbah nikah. Biasanya yang memberikan Khutbah Nikah adalah penghulu ataupun ustadz yang diundang dalam acara pernikahan. Tujuan dari penyampaian khutbah adalah mengingatkan pengantin untuk menjaga keutuhan rumah tangga dan nasihat pernikahan lainnya.

4. Ijab Qabul

Inilah prosesi utama dari pernikahan. Ijab Qabul adalah pengucapan dari wali akad kepada mempelai pria untuk menikahkan putrinya. Prosesi ini harus terpenuhi agar pernikahan sah sehingga mempelai pria harus mempersiapkan dengan betul lafadz akad nikahnya. 

Jangan sampai salah menyebutkan atau menjawab Ijab Qabul sehingga menganggu khidmantnya prosesi tersebut. Untuk itu cobalah untuk berlatih sebelum akad nikah agar tidak gugup dan terbata-bata dalam mengucapkan bacaan akad nikah. 

5. Doa Nikah

Bacaan doa nikah biasanya dari penghulu sesaat setelah proses Ijab Qabul selesai. Tamu undangan yang menyaksikan acara sakral tersebut dapat mengaminkan doa nikah tersebut.

6. Tanda Tangan Buku Nikah

Tanda tangan Buku Nikah menjadi proses penting dalam pernikahan. Tujuan dari penandatanganan Buku Nikah adalah mendapat kekuatan hukum dan jaminan perlindungan dari Negara atas sebuah pernikahan. Dalam hal ini, petugas KUA akan membantu pengantin dalam menandatangani Buku Nikah. 

7. Penyerahan Mahar dan Cincin Kawin

Setelah kedua mempelai menandatangani Buku Nikah, acara selanjutnya adalah penyerahan mahar dari mempelai pria kepada mempelai wanita. Mahar merupakan hak murni dari pengantin wanita dan sebagai syarat sahnya pernikahan. Acara selanjutnya yakni pertukaran cincin kawin sebagai simbol pengikat bahwa keduanya sudah sah sebagai suami istri 

8. Sungkeman 

Sungkeman menjadi salah satu rangkaian acara wedding yang intimate dan bagian dari tradisi pernikahan Indonesia. Setelah kedua mempelai selesai menyerahkan mahar dan tukar cincin, keduanya akan langsung sungkeman antar kedua orang tua. Sungkeman menjadi simbolis permintaan restu dari kedua pengantin untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Biasanya di sesi ini, pengantin banyak yang menangis karena ingat semua upaya orang tua untuk membesarkan dan merawat anaknya hingga akhirnya menemukan pendamping hidup terbaik. 

9. Tamu Undangan Menyalami di Tempat Pelaminan

Intimate Wedding identik dengan acara yang simple dan minimalis. Sehingga tidak membutuhkan hari lain untuk merayakan resepsi pernikahan. Oke karena itu, setelah akad nikah selesai, tamu undangan bisa langsung menyalami dan mengucapkan selamat untuk kedua pengantin di pelaminan. Di sesi santai ini, bisa kamu tambahkan hiburan seperti menghadirkan band dan penyanyi agar acara tidak terkesan sepi sekaligus bisa menghibur tamu undangan.

10. Foto-Foto dan Santap Makan 

Tamu undangan yang hadir dipersilahkan untuk mengabadikan momen bersama pengantin sembari bercengkrama dengan hadirin lainnya. Selain itu, tamu juga dipersilahkan untuk menyantap hidangan yang terjadi di area pernikahan. Biasanya hidangan yang tersaji dalam acara pernikahan adalah makanan prasmanan, kudapan ringan atau snack ringan, cake, buah-buahan maupun makanan tradisional khas suatu daerah. 

11. Penutup

Pernutupan acara intimate wedding yekni dengan doadari penghulu atau pembaca doa. Kemudian ucapan atau kata-kata penutupan dari pembawa acara. 

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia