Ingin Keluar dari Toxic Relationship? Inilah 6 Cara Menghentikan Pacaran yang Tidak Sehat

0
552
cara menghentikan pacaran yang tidak sehat
https://www.pexels.com/id-id/

Hubungan yang tidak sehat akan berbahaya untukmu jika terus kamu lanjutkan. Hal itu membuat batin kamu akan terus merasa tersiksa, apalagi kalau pacar kamu sudah bermain fisik maka kamu harus segera memutuskannya. Jika kamu bingung keluar dari hubungan yang seperti itu, kamu harus tau bagiamana cara untuk menghentikan pacaran yang tidak sehat.

Jika hubungan asmara kamu dan pasanganmu tidak sehat, kamu menjalaninya pun akan sangat berat. Dan tentu batin atau fisik kamu juga akan sangat lelah untuk menjalaninya. Kalau pacar kamu bisa diajak diskusi dan dia mau merubah sikapnya kepadamu, itu akan menjadi awal yang baik untuk hubungan kamu. Tapi kalau pacar kamu tidak mau diajak diskusi dan merubah sikapnya, kamu harus menggunakan cara ini supaya kamu bisa keluar dari pacaran yang tidak sehat ini.

Ingin Keluar dari Toxic Relationship? Inilah 6 Cara Menghentikan Pacaran yang Tidak Sehat

1. Saling Komunikasi

batasan kontak fisik dalam pacaran
https://www.pexels.com/id-id/

Hubungan yang tidak sehat akan berdampak buruk pada kesehatan dan kestabilan emosi. Oleh karena itu untuk menghentikan pacaran tidak sehat bisa dengan mengutamakan komunikasi. Menjaga komunikasi menjadi prioritas dan bagian terpenting dalam suatu hubungan. Jika komunikasi antara keduanya buruk dan minim, maka sudah dipastikan hubungan tersebut tidaklah sehat. Karena untuk menciptakan hubungan sehat sangat diperlukan komunikasi yang baik, keterbukaan dan mau berkompromi untuk mempertahankan hubungan.

2. Jangan Mengabaikan Red Flags

cara menghentikan pacaran yang tidak sehat
https://www.pexels.com/id-id/

Sebagian pasangan tidak menyadari sedang menjalani hubungan yang tidak sehat. Mereka seringkali tidak sadar akan sikap red flags dari pasangan. Lalu apa itu red flag? Merujuk dari laman sehatq.com, Red flags adalah sikap atau perilaku yang menjadi tanda bahwa ia tidak dapat menjalin hubungan yang sehat. Apabila dipaksakan, hubungan yang terjalin bisa berbahaya secara emosional. 

Bentuk dari perilaku yang termasuk dari hubungan red flag adalah kekerasan fisik, kekerasan verbal, posesif, maupun gaslighting, sering berselisih, dan lain sebagainya. Jika kamu berada pada hubungan yang mengarah pada red flags relationship, alangkah baiknya untuk menyadari ada yang salah dalam hubungan tersebut. Jangan sampai membenarkan dan mengabaikan perilaku buruk pasangan hanya karena ingin terus bersamanya. Kamu berhak mendapatkan pasangan yang menghargai keberadaanmu.

3. Berani Berkata Tidak

dampak pacaran yang tidak sehat
https://www.pexels.com/id-id/

Hubungan pacaran terkadang terlalu mengedepankan kebahagiaan pasangan tanpa mau memikirkan diri sendiri. Padahal kamu juga berhak untuk memiliki kebebasan dan tidak harus diatur oleh orang lain. Mungkin mengatur “in a good way” tidak masalah, misalnya mengingatkan untuk melakukan aktivitas yang baik, mendukung pasangan, mengingatkan bila ada kesalahan, ataupun mengingatkan agar menjaga batasan dengan lawan jenis. Namun bila sudah terlalu mengatur hingga terkesan posesif atas segala hal remeh yang menurutmu tidak berpengaruh pada hubungan, kamu berhak mengatakan tidak. Sehingga perlu membuat keputusan sendiri dan tidak harus menuruti apa mau pasangan. 

4. Menetapkan Batasan

 cara pacaran santai tapi serius
https://www.pexels.com/id-id/

Pacaran yang tidak sehat bisa merugikan salah satu pihak yang tidak ingin hubungannya penuh dengan drama dan hal buruk. Untuk itu salah cara untuk menghentikan pacaran yang tidak sehat sebelum semuanya berdampak buruk adalah menetapkan batasan. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan masing-masing dalam berhubungan. Berikan batasan atas hal yang boleh atau tidak boleh kamu lakukan bersama pasangan. 

5. Putus

apa itu pacaran sehat dan contohnya
https://www.pexels.com/id-id/

Sifat posesif, selalu mencari kesalahan pasangan, tidak menghargai, tidak setia, bahkan menduakanmu di belakang termasuk ke dalam sikap tidak sehat. Maka dari itu kamu berhak untuk tidak melanjutkan hubungan yang tidak sehat. Bila terus-terusan berada pada hubungan tidak sehat hanya akan membuatmu seakan terpenjara dan gelisah dengan sikapmu sendiri. Oleh karena itu, kamu bisa memutuskannya demi kebaikan bersama apabila pasangan tidak mau memperbaiki sikapnya.

6. Cari Pasangan yang Mempunyai Prinsip Sama

materi pacaran sehat
https://www.pexels.com/id-id/

Sebelum terlambat menjalani hubungan yang sudah tidak sehat alangkah baiknya untuk mencegah hal itu terjadi untuk kedua kalinya. Oleh sebab itu carilah pasangan yang mempunyai prinsip sama. Tentunya dalam memberikan kesempatan bagi orang untuk masuk ke dalam hatimu, kamu harus mengetahui sifat dan track record-nya selama menjalani hubungan dengan orang lain. Setelah menerima orang baru kamu bisa berkompromi dan berkomitmen untuk menjalani hubungan yang lebih positif dan sehat. 

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia