15+ Daftar Persiapan Pernikahan Islami, Jangan Sampai Terlewat!

0
550
daftar persiapan pernikahan islami
tadam_photography

Pada saat kamu akan melangsungkan pernikahan pastilah kamu akan merasa senang, bahagia sekaligus deg degan dan mungkin bingung tentang apa saja yang harus disiapkan saat pernikahan nanti. Karena persiapan menjelang nikah sudah pasti harus sematang mungkin, supaya pernikahan tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa adanya kendala apapun. Jika kamu tidak bisa menyiapkannya sendiri kamu bisa minta bantuan kepada orang tua, kerabat atau mungkin teman-teman dan sahabat kamu. Memang apa saja si yang harus dipersiapkan? Berikut kami akan memberitahukan kepada kalian yang akan melangsungkan pernikahan, tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pernikahan secara Islami. Berikut daftarnya.

15+ Daftar Persiapan Pernikahan Islami, Jangan Sampai Terlewat!

 

Persiapan untuk Calon Mempelai

1. Niat

Niat menjadi langkah pertama sebelum mulai menyiapkan pernikahan. Pastikan kamu sudah mantap dan niat karena Allah dalam melangkah ke jenjang yang lebih serius. Menyiapkan hati tak hanya sampai pada niat dan yakin saja namun dibarengi oleh usaha lainnya.

2. Persiapan Mental

Sebelum menikah tentunya membutuhkan kesiapan mental, karena membangun kehidupan pernikahan tidak semudah yang kita kira. Akan ada banyak momen dan masalah baru yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Persiapan mental dalma hal ini adalah bisa mengontrol emosi dengan baik, mau berkompromi, menerapkan komunikasi yang baik, mau sama-sama belajar dan lain-lain. Untuk itu kesiapan mental sebelum menikah sangatlah penting.

3. Kesiapan Fisik

Calon pengantin yang akan menikah tentunya sudah siap fisiknya. Atau dengan kata lain sudah akil baligh dan memenuhi ketentuan umur nikah. Karena nantinya akan mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai suami. Sebelum sah, dianjurkan melakukan tes kesehatan sebelum menikah yang bermanfaat bagi diri sendiri dan kehidupan pernikahan kelak.

4. Siap Secara Spiritual

Terbiasa menjalankan ibadah dengan baik dan semakin meningkatkan keimanan menjadi salah satu cara untuk siap secara mental. Karena nantinya akan menjadi suami yang bisa membimbing dan memberi contoh yang baik tentang ibadah. Begitu pula dengan calon istri yang tentunya memiliki akhlak yang baik agar bisa menjadi pasangan dan ibu terbaik bagi anak-anaknya.

5. Kesiapan Ekonomi

Menikah tak hanya siap dalam aspek fisik, spiritual, mental saja. Tapi siap dalam menyiapkan materi. Terlebih bagi pria yang akan menjadi kepala keluarga dan menafkahi keluarganya. 

 

daftar persiapan pernikahan islami
kotak8studio

Checklist Persiapan Acara Pernikahan

1. Anggaran Pernikahan

Sebelum melangsungkan pernikahan, tentukan budget atau anggaran yang tersedia untuk acara pernikahan. Diskusikan dengan keluarga dan calon pasangan agar bisa mengalokasikan dana dengan baik. Pastikan dana yang tersedia cukup untuk akad nikah hingga akhir acara. 

2. Konsep Upacara Pernikahan  

Konsep pernikahan berguna untuk menentukan jalannya acara pernikahan. Seperti dekorasi, gaun, souvenir, susunan cara dsb. Apabila kamu ingin menggelar pernikahan secara Islami maka semua konsep dan acaranya bernafaskan keislaman.

3. Tanggal dan Lokasi Pernikahan

Mencari tanggal dan lokasi pernikahan biasanya menjadi pembahasan paling pertama ketika mempersiapkan pernikahan. Sesuaikan dengan kesepakatan masing-masing terkait tanggal dan lokasi. Ada banyak opsi tempat pernikahan, bisa rumah, KUA, masjid, gedung, aula, hotel, dan lain sebagainya. 

4. Ijab Kabul dan Mahar Pernikahan

Buatlah list orang-orang yang akan menjadi penghulu, saksi, dan ustadz untuk memberikan khutbah pada hari pernikahan. Saat acara pernikahan biasanya membutuhkan panitia dari penerima, pendamping, dan MC. 

Apabila kamu ingin mempermudah persiapan pernikahan, gunakan saja jasa Wedding Organizer. Selain memikirkan ijab kabul, tentunya pihak laki-laki harus menyiapkan mahar pernikahan. Apalagi bagi pihak pria karena hukumnya wajib. Siapkan mahar sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan calon suami. 

5. Menyesuaikan Resepsi Sesuai Syariat

Apabila ingin menggunakan konsep pernikahan islami maka tidak melangsungkan prosesi adat yang bertentangan dengan syariat. Usahakan untuk menggelar pernikahan yang sesuai dengan ajaran Islam. 

6. Menyiapkan Busana Pernikahan 

Menyiapkan busana pernikahan yang sesuai dengan syariat menjadi menjadi elemen penting dalam menikah. Biasanya banyak calon pengantin yang menyiapkan busana sesuai impian ataupun bisa juga dengan menyewa di banyak vendor. Sesuaikan saja dengan anggaran. Namun yang paling penting adalah memilih baju yang santun dan tidak mengikuti lekuk tubuh pengantin.

7. Catering Pernikahan yang Halal

Catering pernikahan menjadi elemen penting yang tak terpisahkan dari acara pernikahan. Biayanya pun cukup menguras kantong, sehingga harus dipikirkan sesuai dengan anggaran yang ada. Lakukan food test terlebih dahulu dan pastikan memilih makanan yang halal. Pemilihan makanan halal juga termasuk dalam proses pembuatannya yang sesuai syariat dan higienis. 

8. Undangan Pernikahan dan Souvenir

Undangan pernikahan menjadi salah satu komponen penting dalam menyebarkan berita pernikahan. Saat ini banyak vendor yang menyediakan undangan dengan berbagai konsep, seperti minimalis, rustic, klasik, adat dan lain sebagainya. Kamu bisa menyesuaikan konsep pernikahan islami dengan undangan yang juga islami dan elegan. 

Namun di masa pandemi seperti sekarang, undangan digital dalam bentuk video dan website bisa menjadi pilihan dalam mengabarkan berita pernikahan kepada kerabat, keluarga dan teman. Selain undangan pernikahan, biasanya souvenir menjadi buah tangan dalam acara pernikahan. Sesuaikan saja dengan selera dan budget yang sudah ditentukan.

9. Menjalani Konseling Pra Nikah

Mengikuti konseling pra nikah saat ini menjadi syarat dari Kantor Urusan Agama bagi calon pengantin yang akan menikah. Di dalam konseling pra nikah, calon pengantin akan diberi edukasi mengenai kehidupan pernikahan dan cara yang tepat dalam menangani masalah antar pasangan suami istri.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia