7 Cara Menghilangkan Curiga Pada Pasangan

0
282
bagaimana menghilangkan rasa curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Kerap kali para pasangan menaruh kecurigaan antara satu sama lain. Hal tersebut merupakan tindakan yang sangat wajar dalam hubungan asmara. Biasanya kecurigaan itu sendiri atas dasar kecintaannya pada pasangannya. Jika rasa kecurigaan itu terlalu berlebihan juga tidak baik bagi hubungan kamu dan pasanganmu. Maka dari itu kamu harus mengetahui cara untuk menghilangkan curiga pada pasanganmu sendiri.

Rasa curiga yang berlebih ternyata dapat mengalahkan perasaan romantis yang telah dibangun dari lama. Rasa curiga tersebut juga bisa menjadi perasan paranoid sehingga apa yang dilakukan pasangan kalian akan selalu salah. Itu akan menyebabkan konflik yang semakin tinggi hingga pada akhirnya pertengkaran tidak dapat dicegah lagi. Tentu hal ini dapat menyebabkan kerenggangan dalam hubungan kalian dan berkurangnya kepercayaan antara satu sama lain. 

Untuk Itu Bridespedia akan memberitahukan kepada kalian semua tentang gimana cara menghilangkan perasaan curiga pada pasangan.

7 Cara Menghilangkan Curiga Pada Pasangan

1. Kebersamaan

cara menghilangkan curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Rasa curiga yang berlebihan bisa membuat hubungan keduanya menimbulkan masalah. Maka dari itu kebersamaan yang pada porsinya akan membunuh prasangka dan menghilangkan curiga pada pasangan. Karena kebersamaan menjadi pondasi dan membuat hubungan lebih bermakna. Kamu bisa melibatkan pasangan dalam kegiatan positif untuk pencapaian masa depan ataupun mengenalkan pasangan pada lingkunganmu. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir perasaan curiga atas interaksi pasangan dengan orang lain selain dirinya.

2. Berkomunikasi Secara Terbuka

cara menghilangkan curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Membina suatu hubungan dibutuhkan komunikasi dua arah yang baik agar mudah meredakan masalah. Komunikasi dua arah berarti adanya timbal balik dalam menyampaikan informasi dan keinginan pada pasangan. Merujuk dari website halodoc meningkatkan komunikasi harian dapat mengatasi rasa curiga terhadap pasangan. 

Karena semakin rendah komunikasi maka semakin sulit untuk menghasilkan rasa percaya. Hal tersebut disebabkan karena tidak tahu segala hal sehingga rasa khawatir timbul. Oleh karena itu mencoba memberi tahu pasangan atas segala hal yang kamu inginkan menjadi jalan untuk mengetahui perasaan masing-masing.

3. Berkomitmen 

cara menghilangkan curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Komitmen dalam hubungan adalah sikap mau merelakan diri pada suatu hal yang ia punya demi kebahagiaan pasangan. Bentuk komitmen bisa berupa apapun seperti komitmen akan waktu, menghargai pasangan, tanggung jawab maupun kesiapan pasangan untuk menjalani hubungan lebih serius. Berkomitmen dalam menjalankan hubungan menjadi ciri hubungan dewasa dan tanpa drama. Maka dari itu bila kamu memang sudah berkomitmen untuk bisa membina hubungan secara dewasa maka rasa curiga dapat kamu kontrol. 

4. Jangan Menyalahkan Pasangan

menghilangkan curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Menetapkan dan menjaga rasa percaya dalam hubungan bagi orang yang selalu curiga bukan perkara mudah. Harus sama-sama berkompromi untuk menurunkan egonya agar masalah tak semakin berlarut dan melebar. Kecurigaan yang kamu takutkan pada pasangan bisa kamu sampaikan tanpa berdebat dan memotong pembicaraan pasangan.

5. Datangi Ahli

menghilangkan curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Mendatangi ahli bisa membantu seseorang dalam menyikapi rasa curiga yang sudah melewati batas dan melihat pasangan. Melansir dari laman halodoc apabila pasangan kerap curiga bahwa kamu akan melakukan hal jahat padanya, merasa ragu akan kesetiaanmu dan kerap salah menafsirkan pernyataanmu ini jelas merupakan gejala umum dari Paranoid Personality Disorder, terlebih ia enggan curhat pada orang lain. Paranoid merupakan istilah yang menggambarkan keadaan dengan ciri-ciri rasa cemas dan ketidakpercayaan yang kronis. Jika kamu merasa tidak bisa terkontrol rasa curiga dengan baik dan mengganggu kehidupan sehari-hari maka kamu membutuhkan pertolongan ahli, seperti psikolog maupun psikiater. 

6. Kurangi Sikap Ngambek

cara menghilangkan curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Mengakhiri sikap curiga pada pasangan dapat kamu lakukan dengan bersikap tenang dan tidak panik ketika khawatir melanda. Rasa cemas akan pasangan yang sebenarnya belum terbukti bisa membuatmu overthinking dan malah membuat hubunganmu dengannya renggang. Alangkah baiknya menyikapi masalah dengan tidak mengutamakan rasa curiga dan mengurangi sikap ngambek  

7. Beri Ruang Masing-Masing

bagaimana menghilangkan rasa curiga pada pasangan
https://www.pexels.com/id-id/

Salah satu kunci dalam mempertahankan hubungan adalah tidak mengekang privasi pasangan. Biarkan pasangan memiliki ruang kebebasan untuk bisa melakukan aktivitas dan prioritas demi mewujudkan cita-cita masa depan. Karena masing-masing juga punya kehidupan dan lingkungan masing-masing.

4.7/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia