5 Cara Membalas Rasa Kecewa

0
331
cara membalas rasa kecewa
https://www.pexels.com/id-id/

Rasa ingin untuk membalas dendam kepada orang yang pernah membuat kita kecewa kian kali muncul. Hal ini rasanya begitu lumrah bagi manusia. Tapi kamu masih bingung bagaimana cara untuk membalaskannya?

Walaupun sebenarnya membalas dendam bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, tapi jika kita tidak membalaskannya akan selalu ada rasa yang mengganjal. Mungkin jika kita membalasnya dengan cara yang lebih bisa diterima oleh siapapun akan lebih baik, seperti memaafkannya ataupun merubah diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu bisa mencoba cara yang mimin tulis di bawah ini, sehingga tidak merugikan pihak manapun.

5 Cara Membalas Rasa Kecewa kepada Seseorang

1. Ikhlaskan dan Beri Maaf

cara membalas rasa kecewa
https://www.pexels.com/id-id/

Semua orang tentunya pernah merasakan sakit hati akibat perlakuan seseorang yang ada di sekitar kita. Meskipun tidak nampak secara kasat mata, luka emosional memberikan dampak yang lebih dalam bagi seseorang ketika tersakiti. Daripada ketika ia mengalami luka secara fisik. Karena semua hal yang berhubungan dengan perasaan akan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh dan kembali pada keadaan semula.

Salah cara untuk membalaskan rasa kecewa pada seseorang adalah dengan ikhlas dan memberikan maaf. Karena tidak semua rasa sakit bisa kamu balas dengan kesakitan pula. Tanamkan bahwa semua hal yang terjadi di dunia ini sudah ketentuan dari Yang Maha Kuasa sehingga tidak perlu repot-repot untuk membalaskan rasa kecewa dengan kadar yang sama.

2. Kamu Berhak Mendapatkan Kebahagiaan

cara membalas rasa kecewa
https://www.pexels.com/id-id/

Ketika seseorang menyakitimu, kamu tidak perlu membalas rasa sakit dengan rasa sakit ataupun membalas rasa kecewa dengan kadar yang sama. Karena hal tersebut hanya akan menghancurkan dirimu sendiri. Keinginan untuk membalas dendam hanya akan membuat semuanya lebih runyam dengan memberikan balasan yang lebih kasar dan menyakitkan. 

Oleh karena itu kendalikan dirimu untuk tidak jatuh pada keinginan balas dendam yang akan membuatmu sama dengan orang tersebut. Alangkah baiknya untuk terus berbuat kebaikan dan hal positif lainnya. Kemudian tanamkan untuk selalu berpikir positif bahwa kamu berhak mendapatkan kebahagiaan dan kesenangan dari semua rasa sakit yang orang lain lakukan kepadamu. Kamu juga berhak mendapatkan lingkungan dan orang yang baik dan menghargai keberadaanmu.  

3. Percaya bahwa Tuhan Adil

cara membalas rasa kecewa
https://www.pexels.com/id-id/

Tuhan mempunyai cara tersendiri untuk membalas perbuatan buruk seseorang pada orang lain. Kamu harus percaya bahwa semua peristiwa yang terjadi merupakan proses hidup yang harus kamu lewati agar semakin menjadi orang yang kuat dan tangguh dalam menjalani hidup.

4. Menjadi Sukses

cara membalas rasa kecewa
https://www.pexels.com/id-id/

Menjadi sukses di hidupmu dapat menjadi salah satu cara terbaik dalam membalas rasa kecewa. Untuk apa susah payah memberikan balasan yang hanya akan membuatmu capek hati dan tenaga saja. Bukankah meraih masa depan untuk sukses adalah tujuan terbesarmu dalam hidup? 

Kamu bisa fokus untuk mewujudkan semua hal sesuai dengan mimpi dan cita-cita mu. Berusahalah untuk bangkit dari rasa kecewa dengan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan pastikan bahwa kamu bisa sukses dengan skill yang semakin bertambah.

5. Menjalani Hidup dengan Baik

cara membalas rasa kecewa
https://www.pexels.com/id-id/

Setelah disakiti oleh orang lain, wajar jika perasaan yang tertinggal hanyalah rasa sakit dan kekecewaan saja. Untuk itu berikan waktu untuk menerima dan merasakan rasa sakit tersebut, sebelum nantinya kembali dari self healing dan mulai menata hidup kembali. Kamu bisa fokus untuk menjalani kehidupanmu dengan baik sembari bersungguh-sungguh dalam karier, studi, dan fokus pada orang-orang terkasih seperti keluarga serta sahabat. 

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia