8 Cara Agar Tidak Posesif Terhadap Pasangan

0
279
cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Cara Agar Tidak PosesifCemburu di dalam suatu hubungan memanglah hal yang sangat wajar dan lumrah, karena pasalnya jika kamu tidak memiliki kecemburuan kepada pasanganmu maka bisa disimpulkan bahwa kamu sudah tidak memiliki rasa lagi untuknya. Tapi jika cemburu dengan berlebihan maka kamu bisa saja berubah menjadi seseorang yang posesif.

Sebelum kita melanjutkannya, kamu sudah tahu belum apa arti dari kata posesif? Posesif adalah sifat yang membuat seseorang merasa menjadi pemilik. Sifat ini bisa dibilang sifat yang buruk karena jika pasangan kamu memiliki sikap tersebut maka bisa menjadi salah satu faktor retaknya suatu hubungan.

8 Cara Agar Tidak Posesif Terhadap Pasangan

Berikut merupakan 8 cara untuk menghilangkan sikap posesif pada pasangan agar tercipta hubungan yang langgeng.

1. Mengidentifikasi Sifat Posesif

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Sifat posesif yang muncul terkadang tidak kita sadari karena dianggap wajar sebelum pasangan menegur atau memberikan kegelisahannya pada kita. Akan ada satu fase dimana pasangan tidak lagi mewajarkan sifat posesif tersebut dan mulai menanyakan sifat posesif. 

Jika pasangan mulai mengeluhkan sikap tersebut, kamu harus merubah sifat posesifmu sedikit demi sedikit. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengidentifikasi atau memahami dari mana posesif berasal. Karena biasanya sikap posesif disebabkan oleh banyak hal, misalnya insecure ataupun cemburu yang berlebihan. 

2. Mencari Cara untuk Menenangkan Diri

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Setelah mengetahui penyebab dari sikap posesif, kamu bisa mencari cara yang tepat untuk menenangkan diri. Langkah menenangkan diri bertujuan untuk meredam emosi dan sikap negatif yang terkadang berdampak pada hubunganmu dengan orang lain termasuk pasangan. Cobalah cari cara untuk mengalihkan energi negatif dengan aktivitas lain yang bermanfaat bagi value diri.

3. Melupakan Masa Lalu

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Masa lalu adalah semua kenangan yang mungkin membekas dan berdampak bagi perilaku masa kini. Apapun masa lalu yang membuatmu gelisah dan tidak nyaman dapat kamu terima dengan lapang dada secara perlahan. 

Masa lalu dalam hidup manusia bukan untuk dilupakan secara penuh namun dapat menjadi pengingat dan pembelajaran agar tidak mengulangi atau mengalami hal yang sama. Maka dari itu, berdamai dan menerima masa lalu diri sendiri dan pasangan sangat penting untuk dilakukan sehingga jangan biarkan masa lalu merusak kebahagiaanmu yang sekarang. 

4. Mencintai Diri Sendiri

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Mencintai diri sendiri adalah tujuan panjang seumur hidup manusia yang menciptakan kebahagiaan dan kebebasan dalam kehidupan. Dengan mencintai diri sendiri, akan membantumu menerima segala ups and downsnya kehidupan serta menikmati saat terbaik dalam hidup. 

Untuk dapat menghilangkan posesif memang bukanlah hal yang mudah karena harus menerapkan self love dengan baik. Maka dari itu kamu bisa memulai self love dengan melakukan banyak aktivitas dan berubah ke arah lebih baik untuk kebahagiaan diri sendiri.

Cara Menghilangkan Sifat Posesif

5. Jangan Insecure

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Insecure dapat menjadi penyebab sifat posesifmu yang tak terkontrol pada pasangan. Kamu mungkin merasa tidak percaya diri berhubungan dengan pasangan yang sekarang karena berbagai hal. Bisa jadi merasa insecure karena penampilan, pencapaian, masalah keluarga, bahkan karir juga bisa menjadi penyebab posesif. Kurangnya rasa percaya diri juga bisa terjadi karena cemburu.

6. Menahan Diri untuk Mengontrol Pasangan

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Melansir dari laman sehatq.com, Seseorang yang memiliki perilaku posesif cenderung tidak bisa membedakan batasan mana yang boleh dilewati dan tidak antara dirinya dan pasangan. Sikap posesif dapat muncul karena belum bisa mengendalikan atau mengontrol manakah rasa sayang dan cemburuan yang berlebih. 

Padahal dalam menjalankan hubungan yang sehat memerlukan sikap saling menghargai privasi pasangan, sekalipun itu pasangan yang sudah menikah. Oleh sebab itu, kamu harus mulai mengontrol energi negatif yang timbul ketika berhubungan.

7. Komunikasi dengan Pasangan

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Posesif yang berlebihan akan merusak keharmonisan hubungan yang telah terjalin sekian lama. Sifat ini dapat timbul apabila merasa ketergantungan dengan pasangan sehingga tak ingin pasangan memiliki hubungan dengan orang lain. 

Oleh sebab itu, komunikasi yang baik dibutuhkan dalam menjaga keutuhan hubungan yang terjalin. Saat menyampaikan keresahan mu padanya, kamu dan pasangan dapat sama-sama mengatasinya dengan adanya komunikasi supaya semuanya menjadi lebih jelas dan tanpa adanya drama. 

8. Percaya dengan Pasangan

cara agar tidak posesif
https://www.pexels.com/id-id/

Kepercayaan adalah kunci dalam menjaga hubungan tetap stabil. Hal yang harus kamu lakukan adalah memupuk rasa percaya pada pasangan dan menekankan diri bahwa dia akan menjaga kesetiaan serta kepercayaanmu sehingga tak perlu khawatir.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia