Berikut 6 Persiapan Lamaran Pihak Laki Laki Sebelum Acara Lamaran

0
8236
persiapan lamaran pihak laki laki
https://www.pexels.com/id-id/

Persiapan Lamaran Pihak Laki LakiDi Indonesia sendiri sebelum seorang pasangan melakukan akad nikah biasanya , akan ada prosesi-prosesi lain salah satunya adalah lamaran. Lamaran yaitu dimana pihak laki-laki akan kerumah pihak perempuan untuk meminta izin kepada orang tua serta keluarga agar bisa meminang anak perempuannya. Meskipun prosesi lamaran ini terlihat sederhana, tapi tetap saja ada yang harus dipersiapkan oleh masing-masing pihak apalagi lagi laki-laki yang ibarat kata kerumah pihak perempuan tanpa membawa apa-apa kan tidak etis untuk dilihat. Buat kamu laki-laki yg masih bingung tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk melamar anak orang. Bridespedia telah membuatkan daftar tentang apa-apa saja yang perlu kamu siapkan untuk melamar anak orang, berikut ini adalah daftarnya.

Berikut 6 Persiapan Lamaran Pihak Laki Laki Sebelum Acara Lamaran

1. Cincin dan Kotak Cincin

biaya lamaran sederhana
https://www.pexels.com/id-id/

Cincin lamaran menjadi simbol pengikat dan kesungguhan pihak pria kepada wanitanya di hadapan kedua keluarga. Oleh sebab itu, pihak pria harus menyiapkan Cincin lamaran yang bisa terbuat dari emas, diamond, perak ataupun emas putih. Pastikan model cincin disetujui oleh pasanganmu dan ukurannya juga pas dengan jarinya. Selain cincin lamaran, alangkah baiknya kamu juga sekalian memesan kotak cincin yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cincin. Kamu bisa memilih kotak cincin dengan tampilan yang berbeda dari biasanya, misalnya dengan berbagai ornamen menarik dan hiasan yang cantik. 

2. Transportasi

persiapan lamaran pihak laki laki
https://www.pexels.com/id-id/

Sebagai pihak pria yang nantinya akan mendatangi tempat lamaran, tentunya harus memikirkan biaya akomodasi dan kendaraan yang cocok untuk ke tempat yang dituju. Apalagi dengan jarak yang jauh maka akomodasi adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa menghitung biaya akomodasi dengan cermat yakni dengan menghitung anggota keluarga yang ikut dan menyiapkan kendaraan yang akan kamu gunakan.  

3. Seserahan

persiapan lamaran pihak laki laki
hitsbanget.com

Seserahan merupakan bentuk tanggung jawab pria untuk memenuhi kebutuhan pihak wanita dalam kehidupan pernikahan nantinya. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan seserahan yang berisi kebutuhan dan keinginan dari pihak wanita. Misalnya baju, tas, makeup, peralatan ibadah, uang hantaran, sepatu dan lain sebagainya. Pastikan barang-barang tersebut sudah dipilih dan sesuai dengan selera wanita agar bisa bermanfaat.

4. Memahami Susunan Acara

persiapan lamaran sederhana
https://www.pexels.com/id-id/

Persiapan yang baik dan matang akan mengurangi kekhawatiran dalam melewati serangkaian acara lamaran. Selain semua persiapan yang sudah kamu siapkan, tentunya kamu harus memahami susunan acara agar mengetahui dengan jelas hal apa saja yang kamu butuhkan dan lakukan saat acara berlangsung. Jangan sampai terlihat tidak tahu apa-apa dan bingung saat acara dimulai.

5. Hantaran Makanan

yang dibawa saat lamaran dalam islam
https://www.pexels.com/id-id/

Selain membawa seserahan berupa barang kebutuhan wanita, kamu juga harus membawa hantaran makanan. Untuk pilihan makanannya sebenarnya tidak ada aturan khusus terkait dengan isi hantaran makanan. Kamu bisa memilih dengan bebas makanan apa saja yang cocok untuk hantaran makanan. Bisa berupa makanan khas daerah, kue, buah dan lain sebagainya. Setelah itu bungkus makanan dengan plastik wrap dan hiasan yang cantik agar semakin berkesan. 

6. Seragam Lamaran

apa saja yang dibawa saat tunangan adat jawa
@tokopedia

Seragam lamaran menjadi salah satu persiapan yang tak kalah penting. Oleh karena itu setidaknya siapkan seragam untuk orang tua dan saudara kandung yang senada dengan busanamu. Biasanya pakaian lamaran untuk pria adalah batik, jas, ataupun beskap juga bisa. Sesuaikan saja dengan seleramu dan pastikan juga serasi dengan seragam pihak wanita, bisa dengan menjahit sendiri ataupun beli busana yang sudah jadi. Untuk anggota keluarga lainnya gang ikut kamu bisa memberitahu mereka dress code yang cocok denganmu agar terkesan kompak dan serasi. 

Itulah 6 persiapan lamaran pihak laki-laki. Tentunya persiapan yang maksimal dan matang akan meminimalisir berbagai kesalahan dan sesuatu yang tidak terduga dalam acara pernikahan. Pastikan kamu dan keluarga sudah benar-benar siap dan menyiapkan mental dengan baik agar acara berjalan lancar. Semoga poin di atas bisa bermanfaat dan menjadi acuan dalam mempersiapkan hari lamaran.

5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia