8+ Ayat dan Surat Alquran untuk Acara Pernikahan

0
619
surat alquran untuk acara pernikahan
https://www.pexels.com/id-id/

Surat Alquran untuk Acara PernikahanMenikah adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam dan juga menjadi sunnah Rasulullah SAW. Karena pernikahan dapat menghindarkanmu dari dosa yang dibenci Allah SWT yaitu zina. Bahkan mendekatinya saja dilarang. Berikut ayat Al Quran yang menjelaskannya.

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra: 32).

Perlu kamu ketahui bahwa ada ayat dan surat dalam Al Qur’an yang umum dibacakan pada saat pernikahan. Walaupun bukan sebagai patokan, tetapi kamu bisa menjadikannya referensi.

Ingin tahu surat apa saja yang dapat dibacakan saat pernikahan dan makna dari surat tersebut? Simak baik-baik artikel dibawah ini.

8+ Ayat dan Surat Alquran untuk Acara Pernikahan

1. QS. Ar Rahman (Maha Pengasih)

اَلرَّحْمٰنُۙ . عَلَّمَ الْقُرْاٰنَۗ .  خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ . خَلَقَ الْاِنْسَانَۙ . عَلَّمَهُ الْبَيَانَ . اَلشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍۙ . وَّالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ . وَالسَّمَاۤءَ رَفَعَهَا وَوَضَعَ الْمِيْزَانَۙ . اَلَّا تَطْغَوْا فِى الْمِيْزَانِ .  وَاَقِيْمُوا الْوَزْنَ بِالْقِسْطِ وَلَا تُخْسِرُوا الْمِيْزَانَ . وَالْاَرْضَ وَضَعَهَا لِلْاَنَامِۙ . فِيْهَا فَاكِهَةٌ وَّالنَّخْلُ ذَاتُ الْاَكْمَامِۖ . وَالْحَبُّ ذُو الْعَصْفِ وَالرَّيْحَانُۚ . فَبِاَيِّ اٰلَاۤءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبٰنِ

Yang artinya, “1. (Allah) Yang Maha Pengasih, 2. Yang telah mengajarkan Al-Qur’an, 3. Dia menciptakan manusia, 4. mengajarnya pandai berbicara. 5. Matahari dan bulan beredar menurut perhitungan, 6. dan tetumbuhan dan pepohonan, keduanya tunduk (kepada-Nya). 7. Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan, 8. agar kamu jangan merusak keseimbangan itu, 9. dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu. 10. Dan bumi telah dibentangkan-Nya untuk makhluk(-Nya), 11. di dalamnya ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang, 12. dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. 13. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS Ar Rahman ayat 1-13)

 

2. QS. An Nisa (Perempuan)

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيْرًا وَّنِسَاۤءً ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِيْ تَسَاۤءَلُوْنَ بِهٖ وَالْاَرْحَامَ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

Yang artinya, “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.” (QS. An Nisa ayat 1)

 

3. QS. Al Fatir (Maha Pencipta)

وَاللّٰهُ خَلَقَكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ اَزْوَاجًاۗ وَمَا تَحْمِلُ مِنْ اُنْثٰى وَلَا تَضَعُ اِلَّا بِعِلْمِهٖۗ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُّعَمَّرٍ وَّلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهٖٓ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍۗ اِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌ

Yang artinya, “Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.” (QS. Fatir ayat 11)

 

4. QS. An Nur (Cahaya)

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Yang artinya, “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (QS. An Nur ayat 32)

 

5. QS. Ar-Rum (Bangsa Romawi)

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Yang artinya, “Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum ayat 21)

 

6. QS. An Nahl (Lebah)

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا وَّجَعَلَ لَكُمْ مِّنْ اَزْوَاجِكُمْ بَنِيْنَ وَحَفَدَةً وَّرَزَقَكُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِۗ اَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُوْنَ وَبِنِعْمَتِ اللّٰهِ هُمْ يَكْفُرُوْنَۙ

Yang artinya, “Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?.” (QS. An Nahl ayat 72)

 

7. QS. Al Hujurat (Kamar-kamar)

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Yang artinya, “Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.” (QS. Al Hujurat ayat 13)

 

8. QS. Az-Zariyat (Angin yang Menerbangkan)

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Yang artinya, “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).” (QS. Az-Zariyat ayat 49)

 

9. QS. An Nisa (Perempuan)

وَكَيْفَ تَأْخُذُوْنَهٗ وَقَدْ اَفْضٰى بَعْضُكُمْ اِلٰى بَعْضٍ وَّاَخَذْنَ مِنْكُمْ مِّيْثَاقًا غَلِيْظًا

Yang artinya, “Dan bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal kamu telah bergaul satu sama lain (sebagai suami-istri). Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil perjanjian yang kuat (ikatan pernikahan) dari kamu.” (QS. An Nisa ayat 21)

Sebenarnya semua surat dan ayat dalam Al-Quran itu baik. Namun terkadang menjadi kurang tepat bila tidak sesuai dengan penempatannya. Oleh karena itu, bila kamu mencari surat dan ayat tentang pernikahan, maka carilah surat dalam al quran tentang ke-Esaan Allah SWT.

Selanjutnya kamu dan dia tidak akan menjadi sepasang suami istri, tanpa kehendak dari Allah SWT. Bahkan tidak akan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, tanpa ridho dariNya.

Oleh karena itu, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

5/5 - (5 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia