5+ Tips dan Tata Cara Tunangan Sederhana

0
2733
tata cara tunangan sederhana
https://www.pexels.com/id-id/

Tunangan menjadi salah satu rangkaian sakral yang umum dilakukan sebelum menggelar acara pernikahan. Seremonial ini ditandai dengan kedatangan pihak keluarga pria untuk meminang calon mempelai wanita. Tata cara tunangan bisa sangat beragam, tergantung agama dan adat istiadat. Namun, prosesi tunangan kurang lebih sama tata caranya. Begitupun tata cara tunangan sederhana.

Meskipun sederhana, esensinya tetap sakral dan harus dilakukan secara khidmat. Tunangan sederhana diartikan berbeda setiap orang. Ada yang berpendapat, tunangan sederhana jika hanya dihadiri oleh kedua pihak keluarga, pun yang lain berpendapat jika acara tunangan tersebut  diselenggarakan secara kecil-kecilan tanpa dekorasi mewah.

Agar tidak bingung, yuk intip! Bridespedia membagikan tata cara tunangan sederhana namun elegan!

5+ Tips dan Tata Cara Tunangan Sederhana

1. Penyambutan Pihak Laki-Laki dan Keluarga

Acara tunangan tentu berlangsung di rumah keluarga pihak perempuan. Diawali dengan menyambut kedatangan rombongan pihak laki-laki, kemudian diantar masuk kerumah untuk dijamu dan melanjutkan tahapan acara berikutnya.

Tempat duduk bisa di tata berhadapan, berkelompok untuk pihak laki-laki dan pihak perempuan. Atau bisa dengan duduk melingkar berhadapan pihak laki-laki dan perempuan.

2. Penyampaian Sambutan Perwakilan Pihak Perempuan

Pihak keluarga perempuan mengucapkan terima kasih atas kehadiran keluarga laki-laki dan memohon maaf atas kekurangan dalam penyambutan tamu. Sekaligus memperkenalkan anggota keluarga yang hadir dalam acara tunangan.

3. Penyampaian Sambutan Perwakilan Pihak Laki-Laki

Keluarga pihak laki-laki akan sambutan, bisa oleh ayah calon mempelai. Kemudian memperkenalkan siapa saja rombongan yang hadir dalam acara tunangan tersebut. Sekaligus berterima kasih kepada pihak keluarga perempuan.

4. Penyampaian Maksud dan Tujuan Pihak Laki-laki

Tata cara tunangan berikutnya yaitu langsung pada Inti dari acara, penyampaian maksud dan tujuan kedatangannya dan keluarga. Calon mempelai laki-laki dapat menanyakan kesediaan pihak perempuan. Penyampaian maksud dan tujuan bisa dengan pantun maupun kata-kata puitis.

5. Penyampaian Jawaban Pihak Perempuan

Setelah pihak laki laki mempertanyakan kesediaan pihak perempuan, calon mempelai perempuan dapat mengutarakan jawabannya, bersedia atau tidak. Kemudian orang tua pihak perempuan biasanya akan memberikan wejangan, terkait ketetapan hati anaknya telah memilih da laki-laki tersebut.

6. Tukar Cincin

Cincin menjadi simbol bahwa keduanya memutuskan  untuk serius menjalin hubungan hingga pernikahan.  Nah, cincin tunangan akan berbeda lagi dengan cincin pernikahan. Saling memasangkan cincin di jari. Kemudian masing-masing juga berkesempatan mengungkapkan perasaan satu sama lain.

7. Makan Bersama

Setelah tata cara tunangan sederhana selesai, selanjutnya adalah makan bersama. Seringnya, hidangan tersaji secara prasmanan. Kemudianberlanjut dengan obrolan ringan antar kedua pihak keluarga agar lebih akrab.

8. Penentuan Tanggal Pernikahan

Bagi keluarga yang ingin segera melangsungkan acara pernikahan, tata cara tunangan sederhana bisa berlanjut dengan diskusi penentuan tanggal pernikahan. Sehingga bisa sekaligus dan berbuah kesepakatan antara kedua belah pihak.

Nah, Bridespedia juga akan memberikan tips agar tata cara tunangan sederhana dapat berjalan dengan lancar. Simak, ya!

  1. Jika ingin mengundang teman pada acara tunanganmu, undanglah teman yang benar dekat saja sehingga tamu yang hadir benar-benar intim dan tertutup.
  2. Membuat seserahan sendiri agar tetap sederhana jauh dari kata mewah, hehe.. Selain itu, bisa untuk menekan biaya acara tunangan.
  3. Acara berlangsung di rumah pihak keluarga wanita saja. Jangan repot-repot dulu memilih gedung atau venue hanya untuk acara tunangan. Selain hemat biaya, acara tunangan bisa berjalan secara sederhana.
  4. Jika ingin menggelar acara tunangan sederhana, bisa membuat dekorasi yang sederhana namun berkesan. Membuat dekorasi homemade yang simpel untuk sesi foto agar lebih menarik. Misalnya dengan memanfaatkan lampu tumblr, kertas karton atau bunga-bunga dari kertas asturi, atau bisa dengan menata tanaman hias di rumah.
  5. Tentu tata cara tunangan sederhana juga membutuhkan fotografer. Minta bantuan teman untuk mendokumentasikan keseluruhan acara. Selain tetap tertutup acaranya, tidak perlu merogoh kocek.
  6. Perjamuan acara tunangan sederhana bisa dengan memasak sendiri tidak perlu menggunakan jasa catering. Mintalah bantuan keluarga besar untuk membuat sajian untuk acara tunangan. Tentu lebih hemat dan bisa bervariasi menunya.
5/5 - (4 votes)
Bridespedia
Author: Bridespedia